Ini Dia 5 Makanan yang Baik untuk Pengidap Diabetes, Wajib Tahu!
5 Makanan yang Baik untuk Pengidap Diabetes./freepik.com
05:16
4 Mei 2024

Ini Dia 5 Makanan yang Baik untuk Pengidap Diabetes, Wajib Tahu!

– Seseorang yang terkena penyakit diabetes tentu harus mengendalikan makanan yang dikonsumsi agar kadar gula darah tetap stabil.

Dengan memperhatikan asupan makanan sehari-hari, maka akan membuat kadar gula darah menjadi stabil dan membuat penderita diabetes bisa hidup dengan sehat.

Berikut ini merupakan lima makanan yang baik untuk pengidap diabetes yang dilansir dari hellosehat dan alodokter pada Sabtu (4/5).

1. Ubi Jalar

Makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes, yaitu makanan ubi jalar. Hal ini karena ubi jalar dapat mengendalikan gula darah yang ada di dalam tubuh.

Ubi jalar juga memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, dan serat yang baik untuk penderita diabetes.

Kamu dapat mengkonsumsi ubi jalar dengan berbagai cara, mulai dari dipanggang, direbus ataupun ditumbuk.

2. Jagung

Makanan selanjutnya yang dapat dikonsumsi oleh pengidap diabetes, yaitu jagung karena makanan ini mengandung serat dan pati yang baik untuk tubuh.

Mengkonsumsi jagung dapat membuat kadar gula darah yang ada di dalam tubuh tidak begitu cepat naik setelah makan dan mengkonsumsi jagung juga membuat perut kenyang lebih lama.

Untuk itu, kamu dapat konsumsi jagung secara rutin agar dapat mengendalikan gula darah yang ada di tubuh dengan baik.

3. Kacang-kacangan

Bagi penderita diabetes dapat memilih kacang-kacangan sebagai cemilan atau makanan karena memiliki banyak serat dan protein yang baik untuk tubuh.

Selain itu, kacang juga mengandung karbohidrat kompleks yang termasuk ke dalam makanan yang memiliki indeks glikemik rendah.

Oleh karena itu, kamu dapat mengkonsumsi kacang agar dapat menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Ada beberapa pilihan kacang yang dapat kamu konsumsi, seperti kacang almond, kacang kenari, kacang merah, kacang mete, dan kacang pistachio.

4. Roti gandum

Roti gandum mengandung serat yang dapat memperlambat pencernaan, sehingga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah.

Tak hanya untuk penderita diabetes saja, tetapi mengkonsumsi roti gandum sangat baik untuk kamu yang sedang menjalani program diet karena mengandung serat yang baik untuk tubuh.

5. Sayuran hijau

Makanan selanjutnya yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes, yaitu sayuran hijau.

Kamu dapat mengkonsumsi sayuran seperti sayur bayam karena mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, zat besi, dan kalium.

Selain itu, makanan sayuran hijau ini juga mengandung kalori dan karbohidrat yang rendah. Sehingga sangat baik untuk mengontrol kadar gula darah.

Nah itu dia informasi mengenai lima makanan yang baik untuk pengidap diabetes yang wajib untuk diketahui.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #makanan #yang #baik #untuk #pengidap #diabetes #wajib #tahu

KOMENTAR