5 Cara yang Ampuh untuk Mengatasi Telinga yang Kemasukan Air, Wajib Coba!
5 Cara untuk Mengatasi Telinga yang Kemasukan Air./freepik.com
10:41
20 April 2024

5 Cara yang Ampuh untuk Mengatasi Telinga yang Kemasukan Air, Wajib Coba!

- Telinga yang kemasukan air memang menimbulkan sensasi yang tidak mengenakkan karena dapat mengganggu pendengaran.

Namun perlu diketahui bahwa air yang terperangkap lama di dalam telinga bisa memicu risiko peradangan dan infeksi pada saluran telinga. Hal ini sering terjadi pada orang yang memiliki hobi berenang.

Untuk itu, jangan khawatir ada banyak cara yang ampuh untuk mengatasi telinga yang kemasukan air yang dilansir dari hellosehat dan alodokter pada Sabtu (20/4).

1. Goyangkan cuping telinga

Kamu dapat memiringkan kepala kamu ke sisi telinga yang kemasukan air dan usahakan untuk menggoyang-goyangkan kepalamu agar air bisa keluar.

Jika cara tersebut tidak berhasil, kamu dapat menggoyangkan cuping telinga kamu yang kemasukan air.

Kamu dapat lakukan cara tersebut dalam posisi kepala miring dengan bagian luar telinga kamu yang menghadap bahu agar air cepat keluar.

2. Teteskan dengan air

Selanjutnya kamu dapat menyiapkan air hangat dan teteskan pada telinga kamu yang kemasukan air sambil memiringkan kepalamu hingga telinga yang tersumbat menghadap ke atas.

Kamu dapat mendiamkan selama tiga detik dan memiringkan kepala ke sisi yang berlawanan. Lalu tunggu beberapa saat dengan posisi telinga yang kemasukan air menghadap ke bahu hingga air mengalir keluar.

3. Gunakan pengering rambut

Cara selanjutnya untuk dapat mengatasi telinga yang kemasukan air yaitu dengan menggunakan pengering rambut atau hair dryer pada kecepatan udara dan suhu yang paling rendah.

Namun perlu diketahui, jika ingin menggunakan pengering rambut kamu harus beri jarak sekitar 30 cm dan keringkan dengan gerakan mendekati dan menjauhi telinga yang kemasukan air.

Dengan menggunakan cara tersebut, udara panas yang ditiupkan dari pengering rambut pada telinga akan membantu air menguap lebih cepat. Sehingga air yang ada di dalam telinga dapat keluar.

4. Mengunyah sesuatu

Kamu dapat mengunyah sesuatu agar air yang ada di dalam telinga bisa keluar dengan cepat. Kamu dapat mengunyah sambil memiringkan kepala agar air makin mudah untuk keluar.

5. Lap telinga dengan kain

Cara lainnya agar air yang ada di dalam telinga keluar yaitu dengan mengelap telinga dengan menggunakan kain.

Kamu dapat mengelap telinga bagian luar dengan menggunakan kain atau handuk yang halus secara perlahan-lahan agar air yang ada di dalam telinga bisa menyerap.

Selain itu, kamu juga dapat mengelap telinga sambil memiringkan telinga yang kemasukan air ke arah kain dan pastikan untuk tidak mendorong kain ke bagian dalam telinga.

Nah itu dia informasi mengenai lima cara yang ampuh untuk mengatasi telinga yang kemasukan air yang dapat kamu coba di rumah.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #cara #yang #ampuh #untuk #mengatasi #telinga #yang #kemasukan #wajib #coba

KOMENTAR