8 Tanda Anda Secara Mental Lebih Tangguh Dibandingkan yang Lain Menurut Psikologi
Ilustrasi: Mental tangguh (Adobe Stock)
12:09
15 April 2024

8 Tanda Anda Secara Mental Lebih Tangguh Dibandingkan yang Lain Menurut Psikologi

 

 –  Ketangguhan mental bukan hanya tentang mengertakan gigi dan melewati kesulitan. Kepribadian ini sangat sulit dikenali dan dipahami karena berasal dari ketahanan, rasa sayang pada diri sendiri dan memiliki komitmen teguh terhadap pertumbuhan.

Ketangguhan mental Anda bisa membantu Anda bergerak maju dalam menghadapi kesulitan dan tantangan. Selain itu, Anda juga bisa menjadi lebih kuat dalam mencintai diri sendiri.

Termasuk seorang wanita, tidak sedikit dari mereka yang ingin menjadi wanita yang tangguh sehingga bisa menghadapi segala hiruk pikuk dan naik turunnya kehidupan. Bahkan mereka tidak takut dengan sebuah tantangan.

Dilansir dari laman Expert Editor, terdapat beberapa tanda yang bisa menunjukkan bahwa Anda secara mental lebih tangguh daripada yang lain diantaranya :

  1. Memiliki ketenangan saat di bawah tekanan

Psikolog menyatakan bahwa definisi paling sederhana dari ketangguhan mental adalah kemampuan untuk bekerja secara konsisten di bawah tekanan.

Artinya wanita yang tangguh secara mental mereka jarang kehilangan tentang ketenangan diri. Bahkan mereka tetap mengendalikan emosinya, ketika keadaan sedang buruk sehingga bisa berpikir lebih jernih.

Wanita yang tangguh berpendapat bahwa panik tidak akan bisa menyelesaikan masalah, sehingga perlu tenang dalam berpikir agar bisa mendapat solusi terbaik.

  1. Menerima bahwa anda tidak bisa mengendalikan segalanya

Indikasi jelas bahwa seorang wanita tangguh secara mental adalah bahwa dia bukanlah seorang yang perfeksionis dalam seluruh aspek kehidupan. Wanita yang bermental tangguh sangat memahami hal tersebut.

Mereka memprioritaskan apa yang paling ingin mereka capai dan fokus pada hal-hal yang 100 persen berada dalam kendalinya. Wanita tangguh juga berpikir bahwa alur kehidupan ke depannya tidak bisa diprediksi apalagi dikendalikannya.

  1. Melihat tantangan sebagai peluang

Menurut psikologi, mempertahankan pola pikir positif sangat penting untuk menjadi tangguh. Ketika seorang wanita bermental tangguh menemui kendala, maka dia tidak akan berbalik apalagi menyerah. Dia juga tidak merengek.

Wanita yang bermental tangguh justru menuangkan segelas prosecco untuk dirinya sendiri, sambil memikirkan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Mereka sangat menjunjung tinggi growth mindset, sehingga memiliki rasa ingin tahu besar dan bertumbuh.

  1. Tidak berkecil hati saat gagal

Wanita yang tangguh secara mental tidak akan berhenti berusaha saat gagal mencapai tujuan mereka. Mereka mungkin akan tetap menangis, namun hanya sementara selebihnya mereka akan bangkit dan mencobanya kembali.

Psikolog mengatakan bahwa orang yang kuat secara mental menghindari pemikiran yang kaku dan mencoba mengubah kegagalan dengan cara yang lebih positif.

  1. Mudah beradaptasi dengan keadaan yang baru

Wanita yang tangguh secara mental akan memahami bahwa tidak semuanya bisa dikendalikan, sehingga mereka belajar untuk beradaptasi ketika ada hal yang tak terduga terjadi.

Bukan memikirkan betapa sulitnya menghadapi perubahan, justru dia menarik nafas dalam-dalam dan menyesuaikan kembali sikapnya. Ini merupakan cara yang cerdas.

  1. Memberikan solusi kreatif untuk setiap masalah

Wanita yang bermental tangguh tidak tanggung-tanggung untuk berpikir out of the box dan mempertimbangkan solusi tidak lazim, ketika menghadapi masalah yang membingungkan.

Baik dengan memanfaatkan sumber daya yang terbatas atau memanfaatkan jaringan. Untuk mendapatkan dukungan, justru mereka bersedia untuk kreatif dalam menghadapi tantangan.

  1. Memahami menetapkan batasan

Menurut psikologi, menegaskan batasan adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan mental Anda. Jika Anda ingin menjadi wanita yang tangguh secara mental, maka perlu memahami dan menerapkan batasan dengan orang lain.

  1. Meminta bantuan saat dibutuhkan

Menurut psikolog, meminta bantuan bukanlah hal yang mudah. Ini karena hal tersebut menuntut Anda untuk menunjukkan sisi rentan Anda.

Hal ini tentu sudah didasarkan bahwa wanita yang tangguh secara mental mampu memahami dirinya baik kelebihan dan kekurangan maupun emosinya. 

Editor: Kuswandi

Tag:  #tanda #anda #secara #mental #lebih #tangguh #dibandingkan #yang #lain #menurut #psikologi

KOMENTAR