10 Manfaat Stimulasi Pijat Bayi, Begini Penjelasan Ikatan Dokter Anak Indonesia
Ilustrasi pijat bayi. (iStockphoto/Polina Strelkova)
18:28
21 Maret 2024

10 Manfaat Stimulasi Pijat Bayi, Begini Penjelasan Ikatan Dokter Anak Indonesia

 – Stimulasi pijat bayi dikenal dengan beberapa istilah meliputi stimulasi sentuh, pijat bayi, baby massage, infant massage dan lain lain. Manfaat stimulasi pijat bayi ini perlu diketahui oleh orang tua karena mampu membantu tumbuh kembang buah hati.

Dikutip dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, manfaat stimulasi pijat bayi yang juga merupakan kombinasi bentuk stimulasi multimodal yaitu raba dan gerak oleh orang tua atau tenaga kesehatan adalah mampu mengoptimalkan tumbuh kembang si bayi.

Manfaat stimulasi pijat bayi bisa didapatkan secara optimal sesuai dengan prosedur yang telah disarankan oleh Lembaga kesehatan meliputi durasi waktu pijat yaitu maksimal 15 menit.

Dilansir dari IDAI, terdapat 10 manfaat stimulasi pijat bayi diantaranya:

1. Meningkatkan berat badan bayi

Bayi yang tidak nafsu makan sehingga berat badan turun bisa diberikan stimulasi pijat. Dengan stimulus pijat ini, bisa memperbaiki sistem pencernaan sehingga bisa meningkatkan nafsu makan dan berat badan menjadi naik.

2. Meningkatkan frekuensi menyusu

Dengan stimulasi pijat, bayi menjadi lebih sering menyusu sehingga perkembangan dan pertumbuhannya juga menjadi lebih optimal.

3. Memperkuat ikatan atau bonding dengan orang tua

Bayi yang rutin diberikan stimulasi pijat dapat membentuk dan memperkuat ikatan atau bonding dengan orang tua.

4. Membuat bayi tidak mudah rewel

Bayi memang sering mengalami rewel yang penyebabnya bisa karena kecapekan atau hal ini. Bayi yang rewel terus menerus meskipun sudah digendong atau ditidurkan maka perlu diberikan stimulasi pijat.

5. Membuat bayi tidur lebih pulas dan lama

Salah satu tanda bayi yang lelah biasanya tidurnya tidak bisa pulas dan ini tentunya mengganggu kesehatan si bayi karena pola tidur tidak teratur. Cara mengatasinya adalah bisa dilakukan stimulasi pijat.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Bayi yang rutin diberikan stimulasi pijat tentu tubuhnya jauh lebih rileks dan tenang sehingga daya tahan tubuh juga baik.

7. Mengurangi kembung

Bayi sering mengalami gangguan perut salah satunya kembung karena yang dikonsumsi hanyalah ASI. Bayi yang sering mengalami kembung bisa diberikan stimulasi pijat agar tidak mengganggu pola konsumsi ASI.

8. Mendukung pertumbuhan otak

Stimulasi pijat bayi juga mendukung pertumbuhan otak karena ketika pijat, si bayi menerima banyak stimulasi mulai dari sentuhan, minyak pijat hingga komunikasi.

Hal ini menyebabkan produksi mielin yang merupakan zat pada otak yang berfungsi untuk mengatur impuls syarat yang ada kaitannya dengan kemampuan sensorik dan motorik.

9. Melatih sensitivitas dan indra

Saat pijat, bayi merasakan sentuhan lembut yang bisa berguna menstimulasi saraf dan indera peraba. Urut bayi juga bisa membuat bayi merasakan mana sentuhan yang besar dan tidak.

10. Merangsang fungsi pencernaan

Manfaat terakhir dari stimulasi pijat bayi adalah mampu merangsang fungsi pencernaan dengan baik seperti sistem pembuangan.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #manfaat #stimulasi #pijat #bayi #begini #penjelasan #ikatan #dokter #anak #indonesia

KOMENTAR