Beginilah Cara Sederhana untuk Menghilangkan Rasa Stres Berlebih Menurut dr. Saddam Ismail
Cara Sederhana Menghilangkan Stress / Youtube @Saddam_Ismail
18:29
10 Maret 2024

Beginilah Cara Sederhana untuk Menghilangkan Rasa Stres Berlebih Menurut dr. Saddam Ismail

– Sebagai makhluk hidup atau sosial merasa stres itu wajar namun tidak boleh dibiarkan berlarut-larut.

Karena memiliki efek, seperti insomnia, tekanan darah dan gula darah bisa naik, nafsu makan menurun, sakit kepala, asam lambung naik, serta malas-malasan.

Dikutip dari kanal YouTube @Saddam_Ismail (16/6), membagikan tips sederhana untuk menghilangkan stres secara berlebihan.

Berendam air hangat

Berendam dengan air hangat agar tubuh terasa lebih rileks, dapat ditambahkan alunan musik dan aroma terapi.

Senyum

Walaupun sedang banyak pikiran, galau atau bad mood tetap mencoba untuk tersenyum. Karena dapat mengirim sinyal ke otak, dan merubah suasana hati menjadi lebih baik.

Hewan peliharaan

Memiliki hewan peliharaan yang disayang akan memberikan energi positif bagi tubuh. Misalnya dengan memberi makan, mengajak bermain, mengobrol akan diproduksi hormon serotonin serta dopamine, yaitu hormon yang bikin rileks atau bahagia.

Menyanyi

Menyanyi dapat menghilangkan rasa jenuh, kesepian, galau dan lain-lain. Sehingga membuat tubuh lebih aktif dan berenergi sehingga dapat mengesampingkan perasaan yang tidak bagus bagi tubuh.

Minum jus lemon

Lemon memiliki rasa ayam yang bisa membuat mood lebih bagus. Lemon kaya akan vitamin C akan menjadikan imunitas tubuh membaik. Secara fisiologis vitamin ini membantu menurunkan hormon penyebab stres.

Tertawa

Tertawa dapat mengurangi beban pikiran, perasaan terpuruk atau sedih. Sehingga hati lebih terasa bahagia dan pikiran tenang.

Tarik nafas dalam-dalam

Metode ini bagus dengan mata dipejamkan dan menarik nafas dalam-dalam kemudian dihembuskan, bisa juga dibarengi dengan gerakan fisik seperti yoga.

Ibadah

Ini adalah cara yang efektif untuk meminta bantuan, curhat juga berdoa kepada Yang Maha Kuasa.

Berkebun

Berkebun bagus untuk meredakan atau menghilangkan rasa stres. Menanam bunga, pohon, juga mengurus tanaman seperti menyiram, memotong, memupuk dan sebagainya.

Olahraga

Lakukan jenis olahraga yang disenangi seperti badminton, sepak bola, basket, dan lain-lain. Selain bagus untuk kesehatan tubuh, pernapasan, jantung, juga dapat menghilangkan hormon penyebab stres.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #beginilah #cara #sederhana #untuk #menghilangkan #rasa #stres #berlebih #menurut #saddam #ismail

KOMENTAR