Khasiat Luar Biasa Buah Tin yang Bisa Meningkatkan Kemampuan Belajar dan Mengingat
Buah tin dinyatakan sebagai salah satu sumber bahan dengan kandungan kalsium dan serat yang tertinggi. (Guslan Gumilang/Jawa Pos)
16:36
10 Maret 2024

Khasiat Luar Biasa Buah Tin yang Bisa Meningkatkan Kemampuan Belajar dan Mengingat

Pada masa Romawi Kuno, buah tin disebut sebagai buah suci. Peradaban Yunani Kuno menggunakan buah tin sebagai makanan pokok. Penggunaan buah, akar, dan daun pohon tin dalam sistem kesehatan tradisional sudah dilakukan turun-temurun. Di antaranya untuk kesehatan liver, tulang, dan susunan saraf pusat.

---

COBALAH menyiapkan buah tin segar atau kering sebagai makanan dalam bulan Ramadan tahun ini. Alasan utama pasti berkaitan dengan keutamaan buah itu, sehingga namanya disebut dalam kitab suci Alquran Surah At Tin. Buah tin juga terpilih sebagai salah satu bahan alam dalam buku pengobatan nabi.

Dikenal dengan nama buah fig atau ara, tanaman asalnya bernama Ficus carica dari suku Moraceae. Berasal dari kawasan Mediterania, Asia Barat dan Selatan, budi daya pohon tin sudah meluas ke seluruh dunia. Pohonnya kecil dengan daun berbentuk seperti daun pepaya. Buahnya berwarna hijau yang saat matang menjadi cokelat atau ungu. Begitu matang, kulit luarnya retak dan memperlihatkan bagian dalam buah yang siap untuk langsung dimakan. Daging buah berasa manis, berbiji banyak dengan ukuran bervariasi, dan crunchy.

Buah tin segar dan kering memang populer sebagai makanan sejak awal peradaban manusia. Pengobatan Yunani menggunakan buah itu sebagai laksatif ringan, ekspektoran, diuretik, mengatasi gangguan liver dan limpa, serta antiradang. Ada penggunaan untuk pengobatan lepra dan sebagai afrodisiaka. Buah yang diolah sebagai sirup terkenal khasiatnya sebagai obat untuk mengatasi sulit buang air besar.

Khasiat itu sudah dipelajari dan tertulis dalam artikel ulasan ilmiah (2021) oleh peneliti Jordania. Dikatakan, kandungan serat buah membantu kelancaran dan keteraturan proses pencernaan. Tin termasuk buah musiman, karena itu kini banyak diperdagangkan dalam bentuk kering di pasar dan pusat perbelanjaan di Makkah dan Madinah.

Kekayaan Zat Bergizi

Budi daya tanaman tin memang utamanya untuk mendapatkan buahnya. Yakni, yang dilukiskan sebagai buah berasa manis dengan daging buah lunak yang ’’meleleh’’ di mulut. Buah tin dinyatakan sebagai salah satu sumber bahan dengan kandungan kalsium dan serat tertinggi. Kandungan kalsium buah kering bahkan lebih tinggi dibanding apel, pisang, kurma, anggur, jeruk, kismis, dan stroberi.

Buah kering sangat kaya serat, mineral tembaga, manganum, magnesium, kalium, kalsium, dan vitamin K dalam konsentrasi yang relatif sesuai kebutuhan harian manusia. Tingginya kandungan serat dapat menjadi pertimbangan perannya dalam pengendalian berat badan.

Keberadaan zat bioaktif golongan fenolik memberi kontribusi pada rasa, warna, dan khasiat buah. Kadar tertinggi adalah rutin, diikuti katekin, chlorogenic acid, epikatekin, gallic acid, dan syringic acid. Percobaan laboratorik menunjukkan perbedaan kandungan zat golongan polifenol, flavonoid, dan antosian di setiap tahapan kematangan buah.

Ada yang saat mentah kulit buahnya keras berwarna hijau, lalu berubah menjadi hijau keunguan. Dan, ketika sudah matang berwarna ungu hitam. Saat kulit buah sudah menghitam maka makin banyak kandungan fenol total, antosianin total, dengan kapasitas antioksidan lebih tinggi.

Perubahan warna pun tergantung varietas buah. Kompleksitas kandungan menjadi alasan kuat terpilihnya buah tin segar sebagai bahan pangan di daerah asalnya.

Kecerdasan dan Kesehatan Otak

Secara turun-temurun buah tin dipakai untuk kesehatan otak. Inilah yang menarik perhatian peneliti. Salah satunya peneliti India (2016) yang mempelajari pengaruh pemberian ekstrak etanol buah pada peningkatan kemampuan belajar dan mengingat. Penelitian pada tikus itu membandingkan efek pemberian ekstrak dan obat modern dengan alat dan metode penelitian terstandar.

Pengamatan dilakukan terhadap waktu yang diperlukan tikus untuk menemukan jalan keluar pada alat yang digunakan. Hasilnya, tikus yang diberi ekstrak buah tin lebih cepat dalam mempelajari dan menemukan jalan keluar. Peningkatan durasi penelitian membuat tikus makin terlatih sehingga kemampuan, keterampilan, dan kecepatannya meningkat.

Keberhasilan tikus itu berkat aktivitas antioksidan dan peningkat imunitas ekstrak. Aktivitas antioksidan ditunjukkan melalui zat kandungan golongan flavonoid dan fenolik. Dari hasil studi terdahulu, diketahui flavonoid juga dapat mencegah kepikunan pada manusia.

Khasiat pendongkrak imunitas buah tin perlu dipertimbangkan sebagai bahan alam pilihan untuk menggantikan obat-obatan penekan imun modern yang diketahui bisa mengganggu fungsi otak. Selain itu, buah tersebut diyakini bisa membantu mengatasi kerusakan otak pada pusat belajar dan mengingat, termasuk pencegahan penyakit Alzheimer.

Kesehatan Tulang

Kecukupan jumlah dan jenis mineral berperan penting pada kekuatan tulang manusia. Kekayaan kandungan mineral buah tin mengundang perhatian peneliti, terutama terkait gangguan pengeroposan dan nyeri sendi pada usia lanjut. Dalam sebuah artikel ilmiah, peneliti Malaysia (2018) mengungkap hubungan antara tingginya kandungan mineral dan keseimbangan dalam proses pembentukan tulang.

Kandungan utama mineral kalium, magnesium, fosfor, dan strontium pada buah tin sangat krusial bagi perkembangan tulang. Strontium terbukti dapat mengendalikan patah tulang akibat pengeroposan tulang, di mana pemberian pada wanita pascamenopause mampu merangsang pembentukan tulang. Melalui studi lanjut, hasil itu diharapkan membuka wacana pemanfaatan buah tin sebagai produk farmasi untuk kesehatan tulang. (*)

PEMANFAATAN:

  • Daging buah tin segar dapat langsung dikonsumsi.
  • Buah tin kering perlu direndam atau direbus dalam air terlebih dulu.
  • Gunakan sebagai campuran pada pembuatan kue, puding, atau bubur havermut.

*) PROF DR APT MANGESTUTI AGIL MS, Guru Besar Botani Farmasi dan Farmakognosi Fakultas Farmasi Universitas Airlangga

Youtube: Kanal Kesehatan Prof Mangestuti

Editor: Dhimas Ginanjar

Tag:  #khasiat #luar #biasa #buah #yang #bisa #meningkatkan #kemampuan #belajar #mengingat

KOMENTAR