Serupa Tapi Beda, Inilah 5 Cara Membedakannya Batu Empedu Vs Batu Ginjal
Serupa Tapi Beda, Inilah 5 Cara Membedakannya Batu Empedu Vs Batu Ginjal. Sumber foto: Health Shots
16:12
6 Maret 2024

Serupa Tapi Beda, Inilah 5 Cara Membedakannya Batu Empedu Vs Batu Ginjal

Penyakit batu empedu dan batu ginjal bisa menyebabkan banyak rasa sakit, keduanya bisa dipengaruhi oleh faktor makanan, namun ada perbedaan antara batu empedu dan batu ginjal.

Dilansir dari Health Shots, batu empedu adalah endapan mengeras di kantong empedu, tepatnya di bawah hati, dan terbentuk ketika empedu yang membantu pencernaan mengandung terlalu banyak kolesterol atau bilirubin.

Faktor yang berkontribusi terhadap pembentukan batu empedu yaitu obesitas, penurunan berat badan yang cepat, pola makan tinggi lemak, untuk gejala biasanya sakit perut yang parah, terutama di bagian kanan atas perut, mual, muntah dan penyakit kuning.

Batu ginjal sendiri adalah endapan keras yang terbentuk di ginjal, penyakit ini terbentuk ketika urin mengandung zat tertentu dalam jumlah tinggi, seperti kalsium, oksalat, dan asam urat, yang dapat mengkristal dan membentuk batu.

Kedua penyakit ini jika tidak ditangani tepat waktu maka dapat menyebabkan komplikasi, seperti infeksi atau penyumbatan pada saluran kemih atau empedu.

Keduanya memang ada persamaannya, namun ada pula perbedaan antara batu ginjal dan batu empedu.

1. Lokasi

Kedua batu tersebut terbentuk di organ yang berbeda, batu empedu terbentuk di kantong empedu, sedangkan batu ginjal terbentuk di ginjal.

2. Gejala

Batu empedu biasanya menyebabkan sakit perut, mual, dan penyakit kuning, sedangkan batu ginjal menyebabkan sakit perut, selangkangan atau punggung, sering buang air kecil, dan buang air kecil berdarah.

3. Komposisi

Batu empedu terutama terdiri dari kolesterol atau bilirubin, sedangkan batu ginjal terdiri dari mineral seperti kalsium, oksalat, atau asam urat.

4. Faktor risiko

Faktor risiko batu empedu antara lain obesitas, penurunan berat badan yang cepat, dan pola makan tinggi lemak, sedangkan faktor risiko batu ginjal antara lain dehidrasi, pola makan tinggi garam dan protein hewani, serta kondisi medis tertentu seperti hiperparatiroidisme.

5. Pilihan pengobatan

Pengobatan untuk batu empedu menggunakan obat-obatan untuk melarutkan batu atau operasi pengangkatan kandung empedu, adapun cara mengobati batu ginjal, seperti mengonsumsi seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), peningkatan asupan cairan, atau prosedur seperti litotripsi atau operasi pengangkatan batu.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #serupa #tapi #beda #inilah #cara #membedakannya #batu #empedu #batu #ginjal

KOMENTAR