Jelang Ramadhan 2024, Simak Tips Makan Sehat di Bulan Puasa untuk Menjaga Gizi Seimbang
Ilustrasi berbuka puasa di bulan Ramadhan. (Sumber foto: Freepik)
15:42
6 Maret 2024

Jelang Ramadhan 2024, Simak Tips Makan Sehat di Bulan Puasa untuk Menjaga Gizi Seimbang

Bulan Ramadhan 2024 tinggal menghitung hari, bagi umat Islam sangat penting untuk fokus memberi gizi pada tubuh dengan pilihan makanan sehat selama berpuasa.

Adapun akhir-akhir ini cuaca di Indonesia tak menentu, kadang hujan dan panas sehingga ada kemungkinan terjadinya dehidrasi ketika berpuasa yang diperkirakan dimulai pada 12 Maret mendatang.

Dikutip dari Hindustantimes, Rabu (6/3), terdapat beberapa tips yang bisa ditiru supaya tubuh kita siap menghadapi bulan puasa dan tetap mendapatkan gizi seimbang:

Gabungkan makanan sehat

Menggabungkan pola makan sehat dengan campuran buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sumber protein membantu jaga tingkat energi dan dukung kesejahteraan tubuh secara keseluruhan selama bulan Ramadhan. Memprioritaskan makanan padat nutrisi tidak hanya menjaga kesehatan fisik tetapi juga mendukung kestabilan emosi, juga merasa kenyang lebih lama.

Hidrasi

Hidrasi paling penting karena dehidrasi bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Konsumsi makanan asin, pedas, dan gorengan harus sangat dibatasi untuk menghindari rasa haus saat berpuasa. Pilih cairan yang tidak banyak mengandung kafein sebab memicu dehidrasi.

Ingat untuk berbuka puasa dengan minum air putih terlebih dahulu untuk memastikan hidrasi. Asupan cairan secara keseluruhan harus ditingkatkan guna mengkompensasi cairan yang hilang keringat.

Kontrol kalori

Gorengan dan makanan manis memberi lebih banyak kalori. Disarankan untuk mencoba metode memasak seperti mengukus, merebus, menggoreng dengan sedikit minyak, dan memanggang.

Kontrol porsi

Selama bulan Ramadhan, kita biasanya mengonsumsi makanan berkalori tinggi dan minuman manis secara berlebihan saat waktu berbuka puasa. Seseorang tidak boleh makan berlebihan sebelum atau sesudah puasa. Kontrol porsi jadi kunci agar tubuh memahami kapan merasa kenyang, biasanya diperlukan waktu 20 menit.

Menu sahur

Disarankan sahur dengan asupan bergizi mencakup karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, oatmeal, protein, kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, ayam, telur, dan lemak sehat dari salmon dan alpukat. Dianjurkan untuk minum banyak cairan dan memilih makanan kaya cairan seperti sup dan jus agar tetap terhidrasi sepanjang hari.

Buka puasa

Mengonsumsi tiga buah kurma saat berbuka puasa merupakan sunnahnya, lagipula sehat karena kurma sumber serat dan memberikan energi instan. Mengonsumsi cairan dalam jumlah sedang terutama air putih membantu memulihkan keseimbangan cairan dan mencegah dehidrasi.

Gabungkan banyak sayuran untuk menyediakan vitamin dan nutrisi penting. Pilih biji-bijian yang memberi tubuh energi dan serat. Nikmati daging tanpa lemak dipanggang atau dibakar, ayam dan ikan tanpa kulit untuk mendapatkan porsi protein baik.

“Saat Ramadhan, konsep utama yang perlu diingat hidrasi, energi cukup, makanan kaya protein dengan serat tinggi, dan pola makan kaya antioksidan. Selama jam-jam non-puasa, minumlah banyak air dan minuman non-gula untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Sertakan semangkuk besar buah-buahan dan sayuran segar. Pertahankan asupan protein dengan mengonsumsi kacang-kacangan utuh dan produk susu. Boleh konsumsi, namun batasi porsi makanan manis dan gorengan,” kata ahli gizi Reddy Jyothsna.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #jelang #ramadhan #2024 #simak #tips #makan #sehat #bulan #puasa #untuk #menjaga #gizi #seimbang

KOMENTAR