4 Tips Terhindar dari Osteoporosis Seiring Bertambahnya Usia, Lakukan Sejak Sekarang!
Ilustrasi osteoporosis. Pexels
19:56
28 Oktober 2024

4 Tips Terhindar dari Osteoporosis Seiring Bertambahnya Usia, Lakukan Sejak Sekarang!

Seiring bertambahnya usia, seseorang biasanya mulai mengalami berbagai keluhan kesehatan. Salah satunya yang sering ditemui adalah pengoroposan tulang alias osteoporosis.

Menurut catatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), di Indonesia, 2 dari 5 orang berisiko terkena osteoporosis, dengan 41,2% orang berusia di bawah 55 tahun sudah mengalami osteopenia.

Menurut Dr. Alex Teo, Director, Research Development and Scientific Affairs, Asia Pacific, Herbalife, kesehatan tulang bukan hanya menjadi perhatian bagi orang lanjut usia, tetapi merupakan upaya seumur hidup yang dimulai sejak dewasa muda.

Individu sering kali mencapai puncak massa tulang pada awal usia 30-an, sehingga penting untuk memperkuat tulang sebelum mencapai tonggak tersebut.

Pola makan seimbang yang kaya akan nutrisi penguat tulang membangun fondasi untuk struktur kerangka yang tangguh dan secara signifikan mengurangi risiko osteoporosis di kemudian hari. Bukti baru menunjukkan bahwa hubungan antara pola makan dan kesehatan tulang merupakan bagian integral dari pendekatan holistik untuk penuaan dengan baik.

“Meskipun faktor genetika memainkan peran dalam kepadatan tulang, pilihan nutrisi merupakan penentu yang kuat terhadap kesehatan tulang secara keseluruhan. Dengan memprioritaskan makanan yang kaya nutrisi sejak dini, kita dapat mencegah efek melemahkan dari kehilangan tulang seiring bertambahnya usia,” ujar Teo, Senin (28/10).

Nutrisi untuk Tulang Sehat
Dr. Teo menerangkan, beberapa nutrisi utama menjadi kunci dalam menjaga kesehatan tulang, masing-masing berkontribusi unik terhadap kekuatan kerangka. Kalsium mungkin adalah yang paling dikenal, menjadi komponen utama tulang yang menyimpan 99% kalsium dalam tubuh.

Secara umum, perempua dewasa sebaiknya mengonsumsi sekitar 3 gelas susu per hari (1.200 mg kalsium), sedangkan pria dewasa disarankan untuk mengonsumsi sekitar 2,5 gelas susu per hari (1.000 mg kalsium).

"Sumber kalsium yang kaya termasuk susu dan produk susu, sayuran berdaun hijau, dan makanan yang diperkaya vitamin D berperan penting dalam penyerapan kalsium, sehingga menjadi mitra vital dalam kesehatan tulang," ungkap Dr. Teo.

Adapun rekomendasi asupan harian bervariasi, tetapi umumnya 600 hingga 800 IU (international unit) sudah cukup untuk sebagian besar orang dewasa. Paparan sinar matahari yang aman dan pola makan yang mencakup ikan berlemak, susu yang diperkaya, serta suplemen adalah cara paling efektif untuk mencapai kadar vitamin D yang optimal.

Nutrisi penting lainnya termasuk magnesium dan fosfor yang berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang. Namun, protein yang penting untuk membentuk kerangka tulang, sering kali diabaikan.

"Pola makan yang mencakup nutrisi-nutrisi ini akan sangat membantu dalam mencapai kesehatan tulang yang optimal," tegasnya.

Pilihan Gaya Hidup
Dr. Teo mengatakan bahwa nutrisi hanya sebagai bagian dari solusi untuk kesehatan tulang. Pilihan gaya hidup yang sehat turut membantu masalah tulang.

Ia menyarankan pola hidup berikut ini agar tulang Anda tetap terjaga di usia tua.

1. Olahraga
Olahraga dengan beban secara teratur atau aktivitas seperti berjalan, senam, dan latihan resistensi dapat merangsang pembentukan tulang dan meningkatkan kepadatannya.

2. Menjaga berat badan yang sehat
Terlalu kurus dapat menyebabkan kehilangan tulang, sedangkan kelebihan berat badan dapat memberikan tekanan berlebihan pada sistem kerangka. Jadi pastikan mempunyai berat badan yang proporsional.

3. Berhenti merokok dan batasi konsumsi alkohol
Penelitian menunjukkan bahwa merokok menyebabkan penurunan kepadatan tulang, sedangkan konsumsi alkohol berlebihan dapat mengganggu keseimbangan kalsium.

4. Mengadopsi kebiasaan yang ramah tulang
Postur yang baik, latihan keseimbangan, dan menciptakan lingkungan hidup yang aman adalah bagian integral dari pendekatan proaktif terhadap kesehatan tulang.

“Saat kita menuju usia lanjut, penting untuk merawat kesehatan kerangka kita sebagai bagian dari regimen kesehatan holistik. Tulang yang kuat membantu membuka jalan menuju kehidupan yang kuat, jadi mari kita investasikan pada tulang kita hari ini untuk masa depan yang lebih sehat,” tutup Alex Teo.

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #tips #terhindar #dari #osteoporosis #seiring #bertambahnya #usia #lakukan #sejak #sekarang

KOMENTAR