5 Manfaat Vitamin E untuk Tubuh, Salah Satunya Turunkan Risiko Kanker
Ilustrasi manfaat vitamin E untuk tubuh. (Pexels/Towfiqu barbhuiya)
13:38
28 Oktober 2024

5 Manfaat Vitamin E untuk Tubuh, Salah Satunya Turunkan Risiko Kanker

 

Vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak. Ini berarti tubuh dapat menyerap dan mengangkutnya seperti lemak makanan. Kemampuan vitamin E dalam meningkatkan kesehatan tubuh diperkuat oleh kandungan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Antioksidan akan melawan radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit tertentu. Pola makan yang sehat yang terdiri dari sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan dapat memberikan asupan vitamin E untuk tubuh.

Vitamin E juga dapat ditambahkan ke dalam makanan tertentu yang difortifikasi seperti sereal sarapan dan jus buah. Dilansir dari Health Cleveland Clinic, inilah manfaat vitamin E untuk tubuh.

1. Menurunkan risiko kanker

Vitamin E sebagai antioksidan dapat menangkal kerusakan sel penyebab kanker. Beberapa bukti menunjukkan bahwa rendahnya kadar vitamin E dan selenium, mineral penting, dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker paru-paru.

Jika kamu ingin menurunkan risiko kanker, mengonsumsi berbagai makanan utuh yang kaya akan vitamin E dan antioksidan lainnya adalah pendekatan terbaik. Dibandingkan minum suplemen vitamin E.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Vitamin E memiliki efek perlindungan pada sel-sel di mata. Ketika tubuh mengonsumsi nutrisi vitamin E yang cukup, ini akan menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia (AMD) dan katarak.

Seperti bagian tubuh lainnya, mata membutuhkan vitamin dan nutrisi agar berfungsi dengan baik. Jika seseorang kekurangan vitamin E, mereka mungkin akan memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap kondisi mata tertentu.

Untuk para penderita AMD, penyedia perawatan mata mungkin akan merekomendasikan vitamin untuk kesehatan mata yang mencakup vitamin E dan nutrisi lainnya.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang sehat akan mampu melawan penyakit mulai dari flu biasa hingga kanker. Vitamin E berperan penting dalam menjaga sistem pertahanan internal agar siap menghadapi apapun yang akan terjadi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin E ditemukan dalam jumlah tinggi pada sel-sel imun tertentu. Memastikan vitamin E cukup dalam tubuh akan menjaga sistem imun dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

4. Melindungi dari pembekuan darah

Vitamin E merupakan pengencer darah alami yang dapat membantu mencegah pembentukan bekuan darah. Pembekuan darah dapat menyebabkan serangan jantung. Meskipun bermanfaat, jangan mengonsumsi vitamin E sebagai pengganti obat pengencer darah.
 
Tidak ada penelitian yang mengonfirmasi bahwa suplemen vitamin E adalah cara yang aman untuk menurunkan risiko pembekuan darah. Namun, jika kamu khawatir tentang pembekuan darah, konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Jangan hanya menganggap suplemen vitamin E sebagai solusinya.

5. Mencerahkan kulit

Banyak produk kecantikan yang memiliki kandungan vitamin E. Ada alasan mengapa vitamin E banyak tercantum pada pelembab, tabir surya, dan produk perawatan kulit lainnya.

Hal ini karena vitamin tersebut ditemukan dalam sebum alami (minyak kulit) dan dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Produk kecantikan dengan kandungan vitamin E dapat melembabkan kulit dari luar, tetapi mengonsumsi makanan yang kaya vitamin E dapat mencerahkan kulit dari dalam.

Vitamin E bekerja secara internal dan eksternal untuk membantu kulit tampak cerah alami.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #manfaat #vitamin #untuk #tubuh #salah #satunya #turunkan #risiko #kanker

KOMENTAR