Bolehkah Pengidap Diabetes Mengonsumsi Strawberry? Begini Fakta Lengkapnya
Ilustrasi menanam strawberry (Freepik)
08:18
2 Maret 2024

Bolehkah Pengidap Diabetes Mengonsumsi Strawberry? Begini Fakta Lengkapnya

 

 

Strawberry memiliki warna merah cerah, tekstur berair, dan rasa manis asam nikmat. Bahkan, wanginya yang aromatik membuatnya semakin menarik dan meningkatkan cita rasa hampir setiap hidangan.

Kaya vitamin C, serat, dan antioksidan, tidak hanya enak tapi juga bergizi. Namun, karena rasanya manis, beberapa pengidap diabetes mungkin menghindari makan strawberry. Menurut ahli gizi, mereka bisa menikmati strawberry dalam jumlah sedang.

Strawberry memiliki rasa manis dan asam, menjadi sumber vitamin serta mineral sangat baik, buah ini banyak dinikmati karena rasa dan manfaat nutrisinya. Buah kaya serat ini rendah kalori dan tinggi nutrisi seperti vitamin C dan antioksidan, itulah sebabnya strawberry dianggap bermanfaat bagi pengidap diabetes.

Dikutip JawaPos.com dari Healthshots, Sabtu (2/3), berikut 5 cara strawberry justru membantu mengelola diabetes:

  1. Indeks glikemik rendah

Meski memiliki rasa manis alami, strawberry memiliki indeks glikemik rendah berarti mereka dapat membantu mencegah lonjakan dan penurunan kadar glukosa darah.

  1. Tinggi serat

Strawberry kaya akan serat makanan yang memperlambat penyerapan gula dan meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, serat juga meningkatkan pencernaan dan rasa kenyang, membantu mengatur berat badan, faktor penting lainnya dalam pengelolaan diabetes.

  1. Antioksidan

Sebuah penelitian dari Food and Nutrition menunjukkan stroberi kaya akan antioksidan seperti antosianin yang memiliki sifat antiinflamasi, antikanker, dan antimikroba.

“Efek anti-inflamasi pada strawberry diketahui dapat menurunkan resistensi insulin,” kata ahli gizi Rohini Patil.

  1. Manajemen berat badan

Obesitas jadi penyebab utama diabetes. Mengonsumsi strawberry membantu mengatur berat badan karena rendah kalori dan memiliki kandungan air tinggi.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Diabetes meningkatkan risiko masalah jantung. Strawberry mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol LDL jahat, mengurangi stres oksidatif, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.d

Dapat disimpulkan bahwa semua manfaat mengonsumsi strawberry ini justru dapat bermanfaat bagi pengidap diabetes. Namun, penting untuk memperhatikan ukuran porsi karena buah merah tersebut mengandung karbohidrat memicu lonjakan kadar gula darah jika dimakan berlebihan.

“Satu cangkir irisan strawberry mengandung sekitar 11 gram karbohidrat, 2,9 gram di antaranya serat makanan. Oleh karena itu, memasukkan strawberry dalam jumlah sedang bersama dengan makanan indeks glikemik rendah lainnya membantu pengidap diabetes mengelola kadar gula darahnya secara efektif,” saran Patil.

Perlu diketahui, strawberry dapat menjadi bagian dari diet seimbang, bahkan jika individu mengidap diabetes. Berikut cara mengonsumsi strawberry yang benar:

  1. Sebagai camilan

Mengonsumsi strawberry segar adalah salah satu cara paling sederhana untuk menikmati buah ini. Cuci hingga bersih dengan garam atau cuka dan nikmati sebagai camilan.

  1. Tambahkan ke resep

Kamu juga dapat memasukkan strawberry ke dalam salad, yoghurt, atau oatmeal untuk menambah rasa dan nutrisi.

  1. Campurkan dengan protein

“Mencampurkan strawberry dengan makanan kaya protein atau mengandung lemak sehat membantu meminimalkan dampaknya terhadap kadar gula darah. Misal, nikmati dengan segenggam kacang atau biji-bijian untuk camilan mengenyangkan dan seimbang,” jelas Patil.

Saat menikmati strawberry, hindari menambahkan gula atau pemanis tambahan dan hindari tambahan buah-buahan manis seperti mangga. Yang paling penting, makan strawberry secukupnya!

Editor: Kuswandi

Tag:  #bolehkah #pengidap #diabetes #mengonsumsi #strawberry #begini #fakta #lengkapnya

KOMENTAR