Inilah Tips Berbuka Puasa agar Tubuh Tetap Sehat di Bulan Ramadan
Ilustrasi kolak salah satu menu buka puasa saat Ramadan. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
09:30
29 Februari 2024

Inilah Tips Berbuka Puasa agar Tubuh Tetap Sehat di Bulan Ramadan

–Saat berpuasa pada waktu berbuka, beragam menu dihidangkan. Mulai dari yang manis, berminyak, hingga gurih.

Waktu berbuka puasa sangat penting. Jangan hanya memikirkan cita rasa atau yang penting kenyang, namun harus memikirkan nutrisi asupan makanan.

Dikutip dari kanal YouTube @Saddam_Ismail, dijelaskan bahwa saat berbuka puasa dengan makan secara berlebihan akan menimbulkan masalah kesehatan pencernaan

Berikut adalah tips sehat saat berbuka puasa.

  1. Hindari makan yang berat terlebih dahulu

Saat berbuka jangan makan berlebihan. Memang tidak semua orang mengalami perut kembung, begah, atau sakit, ketika makan berat. Akan tetapi puasa menyebabkan perut kosong lebih lama dari biasanya, makan berlebihan akan memicu masalah pencernaan.

Contoh hidangan yang dapat dimakan saat berbuka, yaitu kolak pisang tanpa santan, bubur, kurma, pudding. Beri jarak sekitar 20-30 menit untuk makan yang berat.

  1. Penuhi kebutuhan cairan

Puasa seharian akan mengakibatkan tubuh kekurangan cairan. Disarankan minum air putih 1-2 gelas saat berbuka. Hindari minuman yang manis, bersoda, kemasan, dan kafein.

  1. Pilih menu takjil

Takjil merupakan hidangan pembuka sebelum makan makanan yang berat agar perut yang kosong tidak kaget. Takjil saat berbuka puasa identik dengan makanan dan minuman manis. Pilih takjil seperti buah-buahan, yang mengandung vitamin dan mineral, serat, serta tanpa tambahan gula.

Contohnya kurma, pisang, semangka, melon, kolak pisang, bubur kacang hijau, atau ubi tanpa santan, dan lain-lain.

  1. Makanan sehat dengan gizi seimbang

Puasa ataupun tidak, tetap harus mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

Contohnya nasi merah, sup ayam dengan campuran sayur. Hindari makanan yang berlemak, pedas, atau gorengan, dalam jumlah berlebih.

  1. Makanan yang harus dihindari

Makanan kemasan yang mengandung pengawet, terlalu pedas atau asin, gorengan secara terus menerus, berlemak, serta tinggi gula.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #inilah #tips #berbuka #puasa #agar #tubuh #tetap #sehat #bulan #ramadan

KOMENTAR