Jarang Diketahui! Manfaat Berenang Malam Hari Memiliki, Dapat Menyehatkan Jantung
Ilustrasi Orang yang Berenang. (Sumber : Freepik)
07:48
25 Oktober 2024

Jarang Diketahui! Manfaat Berenang Malam Hari Memiliki, Dapat Menyehatkan Jantung

Berenang merupakan olahraga yang tidak hanya baik bagi kesehatan fisik, tetapi juga untuk kesehatan mental. Tak hanya itu, olahraga yang satu ini juga dapat menguatkan otot tubuh Anda.

Dilansir laman hellosehat.com, Melakukan olahraga renang di malam hari ternyata dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan. Saat ini, ada banyak kolam renang yang buka hingga malam hari.

Sehingga Anda yang tidak memiliki waktu luang di pagi atau siang hari bisa menjadwalkan berenang pada malam hari untuk mendapatkan manfaat-manfaat baiknya

Dilansir laman klikdokter.com, Memilih waktu kapan harus berenang ternyata juga sama pentingnya melakukan pemanasan sebelum menceburkan diri ke air.

ketika Anda berenang di atas jam 10 pagi dan tidak berada di dalam ruangan,sinar matahari mungkin akan memengaruhi kesehatan kulit Anda.

Apabila Anda melakukannya di dalam ruangan, sinar UV tentu tidak akan memberikan dampak kepada kesehatan.

Bahkan, tidak sedikit orang yang berenang di malam hari untuk menghindari rasa panas ketika melakukannya di pagi hari

Olahraga yang terlalu berat pada malam hari dapat meningkatkan suhu tubuh dan mungkin membuat Anda kesulitan tidur.

Oleh karena itu, berenang di malam hari masih diperbolehkan jika tidak akan tidur dalam kurun waktu satu jam ke depan.

1. Menyehatkan jantung

Manfaat berenang di malam hari yang berikutnya adalah menyehatkan jantung. Olahraga renang dapat meningkatkan detak jantung.

Berdasarkan penelitan yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Physiology and Pharmacology, jumlah udara yang masuk dan keluar dari paru-paru saat berenang lebih baik ketimbang pernapasan rileks saat lari.

2. Menurunkan risiko diabetes

Manfaat berenang di malam hari ternyata juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.

Ketika berenang, kalori, lemak, dan gula yang ada di dalam tubuh akan diolah menjadi energi. Artinya, melakukan olahraga ini di malam hari dapat melepaskan banyak kalori.

Berenang selama 30 menit dapat membakar 900 kalori. Selain itu, berdasarkan riset yang dilakukan di Indiana University, renang membuat tubuh tetap bugar di usia senja dan memperpanjang harapan hidup.

3.Cegah penumpukan lemak

Proses pembakaran kalori di dalam tubuh akan berjalan lebih efektif ketika Anda melakukan olahraga dengan tempo yang cepat dan jarak yang jauh. Nah, olahraga renang memenuhi kedua syarat tersebut.

Berenang menggunakan gaya bebas berpotensi membakar kalori lebih banyak, sebab tubuh bergerak lebih cepat dan dapat menempuh jarak yang jauh.

Kendati tidak membakar seluruh kalori, melakukan olahraga ini di malam hari cukup efektif mengurangi penumpukan lemak akibat kebiasaan menyantap makanan setelah matahari terbenam.

4. Dapat meningkatkan kualitas tidur

Selain mengurangi risiko paparan sinar UV yang berlebihan, berenang di malam hari ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur.

Memang berolahraga pada malam hari dapat membuat rasa lelah bertambah banyak. Namun, Anda bisa memanfaatkan rasa lelah itu untuk tertidur lelap sampai pada pagi hari.

Walaupun belum ada penelitian yang benar-benar membuktikannya, olahraga air yang menyehatkan otot ini mungkin dapat membantu Anda melawan insomnia

5. Mengurangi Paparan Sinar Matahari Berlebih

Sinar matahari memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, bila berlebihan, paparan sinar matahari justru berbahaya bagi kesehatan kulit. Hal inilah yang sebaiknya Anda perhatikan ketika berenang di siang hari.

Walaupun terasa menyegarkan, air di kolam saat Anda berenang di siang hari tidak akan melindungi tubuh dari radiasi sinar UV.

Sebaliknya, berenang malam hari tentunya dapat membantu Anda terhindar dari sinar UV. Berenang di waktu ini juga lebih praktis, terutama bagi Anda yang tidak betah menggunakan tabir surya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #jarang #diketahui #manfaat #berenang #malam #hari #memiliki #dapat #menyehatkan #jantung

KOMENTAR