Simak 9 Manfaat Mengkonsumsi Susu Kayu Manis Bagi Kesehatan!
Ilustrasi minuman susu kayu manis (Pexels/Maria Georgieva)
09:08
26 Februari 2024

Simak 9 Manfaat Mengkonsumsi Susu Kayu Manis Bagi Kesehatan!

Saat tubuh sudah mengalami hari yang begitu sibuk, perasaan lelah pun menumpuk begitu banyak di sekujur tubuh yang membuat kita berpikiran untuk meredakan pikiran dan mengistirahatkan badan untuk sejenak agar stres yang dipunya juga tidak menumpuk begitu banyak.

Namun, selain langsung dengan tidur sebagai solusinya, apakah solusi lain untuk mengatasi hal itu?

Tentu saja dengan mengonsumsi minuman berkalori rendah, lezat, dan bermanfaat seperti susu kayu manis yang cocok diminum jika kalian ingin tidur terjaga dengan baik.

Tapi, apakah benar meminum kayu manis yang dicampur susu itu memiliki manfaat baik bagi tubuh?

Jika ingin tahu, maka simak penjelasan dari manfaat mengkonsumsi susu kayu manis yang dikutip dari India Times berikut ini.

1. Dapat membuat anda cepat tertidur lelap dan nyenyak

Ketika tubuh telah menumpuk rasa lelah yang begitu banyak setelah beraktivitas seharian, terkadang kita tak bisa juga untuk tidur meskipun rasa ingin tidur ada dan tubuh sudah setuju akan hal itu.

Jika sudah begitu, maka selain obat tidur dan lainnya, meminum susu yang dicampur dengan kayu manis akan membuat anda tertidur lelap dan nyenyak karena membuat otot rileks dan ketegangan jadi menghilang dari tubuh.

2. Dapat mengobati pilek dan batuk

Tidak hanya cocok sebagai obat untuk menghilangkan ketegangan dan membuat otot menjadi rileks, dengan mengonsumsi susu kayu manis akan bisa mengobati pilek dan batuk jika anda sedang mengalami dua penyakit tersebut. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Karena antioksidan yang terdapat pada kayu manis dapat membantu tubuh untuk melindungi dirinya sendiri dan membuat kekebalannya meningkat.

3. Sangat cocok untuk perawatan mulut

Kayu manis juga cocok untuk menjaga mulut tetap terawat dengan adanya anti-jamur dan anti-mikroba yang dimilikinya karena dapat membunuh bakteri berbahaya di dalam mulut.

Karena hal itu, anda tidak perlu repot melakukan perawatan rutin dengan dokter gigi.

4. Bisa menurunkan berat badan

Ternyata mengkonsumsi susu kayu manis dapat menurunkan berat badan juga, karena kayu manis dapat mempercepat metabolisme dan membuat pencernaan menjadi lebih baik dan cepat.

Tak heran jika para ahli diet selalu merekomendasikan kayu manis dalam diet mereka jika ingin menurunkan berat badan.

5. Bisa sebagai obat pereda nyeri alami (painkiller/analgesik)

Ketika susu kayu manis dikonsumsi, mereka bisa bertindak sebagai analgesic atau obat pereda nyeri alami yang membuat rasa sakit hilang seketika.

Hal ini bisa terjadi karena adanya prostaglandin yang bertugas dalam melemaskan otot-otot ketika mengalami stres.

6. Kayu manis juga memiliki sifat anti-inflamasi

Kayu manis ternyata juga bagus dalam melawan infeksi dan memperbaiki jaringan yang rusak karena adanya sifat anti-inflamasi yang mereka miliki.

7. Risiko penyakit jantung dapat dikurangi

Banyak studi membuktikan bahwa kayu manis memiliki manfaat yang dapat melawan beberapa faktor risiko untuk penyakit jantung, kolesterol, dan tekanan darah.

8. Dapat menurunkan kadar dari gula darah

Untuk penderita diabetes tipe 2, satu gram atau sekitar setengah sendok teh kayu manis per-hari terbukti telah memberikan efek besar yang berguna untuk menurunkan kadar dari gula darah yang dimiliki.

9. Kayu manis juga dapat melindungi anda dari penyakit neurodegeneratif

Penyakit neurodegeneratif ditandai dengan hilangnya struktur atau fungsi sel otak secara progresif.

Alzheimer adalah salah satu penyakit di mana kayu manis dapat memberikan solusi karena dua senyawa di dalamnya bisa menghambat penumpukan protein yang disebut dengan ‘tau’ di dalam otak dan ‘tau’ adalah salah satu ciri khas penderita penyakit Alzheimer.

Namun hal itu masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #simak #manfaat #mengkonsumsi #susu #kayu #manis #bagi #kesehatan

KOMENTAR