Mitos atau Fakta, Bawang Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?
Ilustrasi bawang putih. (Freepik)
17:18
22 Oktober 2024

Mitos atau Fakta, Bawang Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?

 

J Bawang putih dikenal luas sebagai bumbu dapur. Hanya saja, kini banyak orang yang dikabarkan menggunakan bawang putih sebagai terapi alami untuk meredakan jerawat

Namun, apakah benar bawang putih efektif dalam mengatasi masalah kulit ini. Pada dasarnya, bawang putih memang makanan yang sehat. 

Dilansir laman alodokter.com, Rutin mengonsumsi bawah putih akan memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatanmu, seperti menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, dan melancarkan saluran pencernaa

Bawang putih mengandung allicin. Senyawa ini diketahui memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, antiinflamasi, dan antiseptik. 

Penelitian menyebutkan bahwa allicin dapat membunuh banyak bakteri, salah satunya adalah bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, di dalam bawang putih juga terkandung sejumlah vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin B6, selenium, tembaga, dan seng. 

Beragam kandungan yang terdapat di dalam bawang putih ini diketahui baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit.

Meski begitu, bukan berarti bawang putih pasti efektif dan aman digunakan untuk mengobati jerawat, ya. 

Faktanya, hingga saat ini, belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan keamanan dan efektivitas penggunaan bawang putih untuk mengatasi jerawat.

Bawang putih yang dipakai secara asal-asalan justru bisa memperburuk kondisi kulit, lho. Terlebih, bila kamu memiliki kulit yang sensitif. 

Dilansir laman halodoc.com, Penggunaan bawang putih secara langsung ke kulit dapat membuat kulit menjadi melepuh, iritasi, bahkan memicu munculnya dermatitis kontak.

Namun, ingat, meski memiliki banyak manfaat bagi tubuh, bukan berarti bawang putih aman digunakan pada kulit, apalagi untuk mengobati jerawat. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keamanan dan efektivitas penggunaan bawang putih untuk mengobati jerawat belum memiliki bukti ilmiah yang kuat.

Jadi, jika kamu ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan bebas dari jerawat, cobalah terapkan cara-cara yang memang sudah terbukti aman, seperti yang dijelaskan di atas.

Namun, bila cara-cara di atas tidak juga mempan mengatasi jerawatmu atau bahkan jerawatmu justru bertambah banyak.

Sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit, ya, agar dokter bisa segera memberikan penanganan yang tepat dan sesuai dengan jenis kulitmu.

   ***  

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #mitos #atau #fakta #bawang #putih #bisa #menghilangkan #jerawat

KOMENTAR