Benarkah Minum Soda Dapat Sembuhkan Sakit Perut? Berikut Tips Redakan Sakit Perut Menurut Dokter
Minuman bersoda/ tongpatong-freepik/
12:40
18 Februari 2024

Benarkah Minum Soda Dapat Sembuhkan Sakit Perut? Berikut Tips Redakan Sakit Perut Menurut Dokter

JawaPos.com - Banyak orang memiliki cara khusus untuk mengatasi sakit perut yang kita alami, termasuk minum minuman bersoda seperti bir jahe dan Coca Cola.

Tetapi, seberapa efektif minum soda dalam meredakan sakit perut sebenarnya?

Menurut Dr. Pooja Singhal dikutip dari Radar Surabaya (JawaPos Grup), seorang ahli pencernaan dan juru bicara American Gastroenterological Association, bir jahe minuman bersoda tidak terbukti sangat efektif dalam mengatasi sakit perut.

Singhal menyatakan bahwa tidak ada bukti yang mendukung klaim bahwa minuman manis berkarbonasi dapat membantu mengurangi gejala sakit perut.

Bahkan, dalam beberapa kasus, minuman ini justru dapat memperburuk kondisi.

Singhal menambahkan bahwa minuman manis berkarbonasi bahkan bisa memperburuk kondisi yang sudah ada sebelumnya, seperti Gerd.

Gerd adalah kondisi kronis yang terjadi ketika asam lambung atau empedu mengalir ke kerongkongan dan mengiritasi lapisannya.

“Minuman ini juga dapat menyebabkan erosi gigi dan gigi berlubang,” lanjutnya.

Di sisi lain, Anne Beery, seorang ahli gizi klinis di Ohio State University Wexner Medical Center, menjelaskan bahwa minuman berkarbonasi dan minuman manis juga berpotensi memperburuk rasa mual.

“Karbonasi dapat menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan pada perut bagi sebagian orang,” ungkapnya.

Mengapa banyak orang percaya bahwa soda dapat membantu meredakan sakit perut?

Singhal mengatakan bahwa secara umum, orang meyakini bahwa gelembung kecil dalam minuman berkarbonasi dapat membantu melancarkan pencernaan dan meredakan sakit perut.

Namun penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi minuman manis berkarbonasi tidak memiliki efek yang signifikan pada saluran pencernaan bagian atas.

“Kandungan gula yang tinggi dalam soda merugikan dalam banyak hal,” ingatnya.

Namun, penelitian yang lebih luas menunjukkan bahwa karbonasi dalam air soda biasa yang tidak mengandung gula dapat membantu meringankan sakit perut.

Penelitian ini menemukan bahwa orang dengan masalah pencernaan kronis memiliki pencernaan yang lebih baik dan jarang mengalami sembelit setelah minum air berkarbonasi selama 15 hari.

“Alasan mengapa bir jahe menjadi obat pilihan mungkin karena fakta bahwa jahe asli dapat membantu melancarkan pencernaan dan membantu mengatasi mual,” ungkap Singhal.

Jahe telah digunakan selama berabad-abad untuk meredakan mual dan muntah. Di sisi lain, jahe merupakan bahan utama dalam pembuatan bir soda. Hal ini membuat orang percaya bahwa soda baik untuk meredakan sakit perut.

Namun, sebagian besar minuman bir jahe yang tersedia di pasaran hanya mengandung sedikit atau bahkan tidak mengandung jahe sama sekali.

Kiat-Kiat Meredakan Sakit Perut

Jika minum soda secara teknis tidak begitu efektif, apa yang dapat membantu meredakan sakit perut?

Para ahli merekomendasikan beberapa cara untuk menenangkan dan mengobati sakit perut, di antaranya:

1. Pilihlah makanan yang hambar.

Menghindari makanan yang berlemak, sangat asam, atau berkarbonasi adalah kunci untuk membantu mengatasi sakit perut, kata Singhal.

Beery juga menyarankan untuk mengkonsumsi makanan hambar yang mudah dicerna di perut, seperti roti bakar tawar, biskuit, kaldu, nasi, dan pisang.

2. Berjalan-jalan.

Jika perut kita sakit setelah makan berlebihan, Singhal mengatakan bahwa berjalan kaki dapat membantu pencernaan.

Ini mungkin sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita sindrom iritasi usus besar (IBS).

Menurut sebuah penelitian, orang yang berolahraga di atas treadmill selama 30 menit, tiga kali seminggu, mengalami lebih sedikit gejala IBS.

3. Menggunakan obat yang dijual bebas.

Singhal dan Beery merekomendasikan beberapa obat yang dijual bebas yang dapat membantu meredakan sakit perut, seperti Gas-X, tablet kunyah kalsium karbonat, atau Pepto-Bismol.

Kapan harus mengunjungi dokter saat sakit perut?

Biasanya, sakit perut akan membaik setelah bersendawa atau buang air besar. Namun, jika tidak, Singhal merekomendasikan untuk menghubungi dokter.

Beery juga menambahkan bahwa kita harus menghubungi penyedia layanan kesehatan jika tidak dapat menelan makanan dan cairan atau mengalami pusing, demam, sakit perut yang parah, atau gejala lain yang tidak kunjung membaik dalam beberapa hari.

“Saya akan menyarankan siapa pun untuk menemui dokter jika gejalanya tidak membaik seiring berjalannya waktu atau sering kambuh, seperti beberapa kali dalam seminggu,” pungkasnya.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #benarkah #minum #soda #dapat #sembuhkan #sakit #perut #berikut #tips #redakan #sakit #perut #menurut #dokter

KOMENTAR