Bagaimana Seseorang Menjadi Introvert:  Sifat- Sifat yang Mendeskripsikan dan Cara Menjadi Introvert yang Autentik
ilustrasi foto Bagaimana Seseorang Menjadi Introvert: Sifat- Sifat yang Mendeskripsikan dan Cara Menjadi Introvert yang Autentik (pinterest/ freepik.com )
11:14
8 Februari 2024

Bagaimana Seseorang Menjadi Introvert: Sifat- Sifat yang Mendeskripsikan dan Cara Menjadi Introvert yang Autentik

- Setiap manusia memiliki kepribadian yang kompleks dan unik, yang menarik untuk dipelajari dari setiap sisi atau aspeknya.

Bagaimana seseorang menjadi introvert, apakah introvert merupakan kepribadian dasar yang dimiliki manusia dan tercipta dari lahir, atau merupakan kepribadian yang bisa dibentuk?

Melansir dari PsychologyToday.com, introvert merupakan gaya kepribadian dasar dimana seseorang cenderung memilih kehidupan batin atau kehidupan pikiran pribadi dari pada interaksi dengan dunia luar atau orang lain.

Dimana introvert mencari dan menikmati kesempatan untuk merenung dan kesendirian, mereka berpikir lebih baik sendiri.

Mereka akan merasa lelah jika terlalu banyak interaksi sosial. Bahkan sejak kecil mereka lebih memilih untuk mengamati dahulu dan bertindak kemudian.

Mengembangkan atau menjadi introvert bisa menjadi proses alami, namun juga diupayakan dengan sengaja.

Berikut adalah beberapa sifat-sifat khas yang dimiliki introvert dan langkah yang dapat dilakukan seseorang untuk bisa menjadi lebih introvert:

Sifat- sifat Khas Introvert:

1. Mencari waktu sendiri, dimana introvert lebih cenderung merenung dan menyendiri, bukan karena mereka tidak menyukai seseorang namun lebih pada pemahaman diri dan pengisian ulang energi karena itu sangat penting.

2. Pertimbangan mendalam, introvert cenderung memproses informasi lebih dalam, membuat mereka berpikir dengan lebih cermat dan mendalam sebelum mengambil keputusan atau memberikan tanggapan.

3. Preferensi kecil dan kelompok kecil, seringkali, introvert merasa lebih nyaman dalam kelompok yang lebih kecil atau berinteraksi satu lawan satu.

Hubungan yang dalam dan bermakna cenderung lebih diutamakan daripada banyaknya pertemanan.

4. Sensitivitas terhadap lingkungan, introvert merasa lebih peka terhadap lingkungan sekitar, termasuk perubahan suasana hati dan energi orang- orang sekitarnya. Ini dapat mempengaruhi sejauh mana mereka nyaman dalam situasi sosial.

Cara Menjadi introvert yang Autentik:

1. Kenali ciri- ciri Introvert: dimana langkah pertama ini dengan memahami ciri- ciri kepribadian introvert.

Termasuk kecenderungan lebih suka waktu sendiri, memproses informasi secara dalam, dan merasa nyaman dalam kelompok kecil.

2. Temukan Waktu Sendiri: introvert cenderung membutuhkan waktu untuk merenung dan memproses pikiran mereka sendiri.

Carilah waktu di sepanjang hari untuk duduk sendiri, membaca, menulis, atau melakukan aktivitas yang menenangkan diri.

3. Ciptakan Lingkungan yang Mendukung: Buatlah ruang pribadi di rumah anda dimana anda dapat menarik diri dari keramaian dan menikmati waktu sendiri. Pastikan anda memiliki waktu luang di jadwal anda untuk refleksi dan ketenangan.

4. Fokus pada Hubungan yang Bermakna: meskipun introvert cenderung menghindari interaksi sosial yang besar, mereka biasanya menikmati hubungan yang mendalam dan bermakna.

Berinvestasi dalam hubungan yang memenuhi anda secara emosional dan intelektual.

5. Melatih Keterampilan Sosial: walaupun tidak sejelas bagi ekstrovert, memiliki keterampilan sosial juga penting bagi introvert.

Seperti keterampilan komunikasi, dengan mendengarkan dengan baik dan menyampaikan pikiran dengan jelas, meskipun dalam pengaturan yang lebih kecil.

6. Ambil Bagian dalam Aktivitas yang dapat Dinikmati Sendirian: temukan hobi dan kegiatan yang bisa dinikmati dan dilakukan sendiri, seperti menulis, melukis, atau berkebun.

Dengan begitu akan memberikan kesempatan untuk mengekspresikan diri secara kreatif tanpa perlu bergantung pada interaksi sosial yang banyak.

7. Terima Diri Sendiri: yang terpenting, yaitu menerima diri kita sendiri sebagai introvert. Ini merupakan bagian dari siapa diri kita, dan tidak ada yang salah dengan itu.

Merasa nyaman dengan diri sendiri adalah kunci untuk menjadi bagian dalam keadaan introvert.

Dengan memahami diri sendiri dan lingkungan sekitar, serta dengan eksplorasi dan pengalaman, seseorang dapat menemukan di mana mereka berada dalam kepribadian introvert atau ekstrovert.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #bagaimana #seseorang #menjadi #introvert #sifat #sifat #yang #mendeskripsikan #cara #menjadi #introvert #yang #autentik

KOMENTAR