Mengenali Gejala dan Cara Mencegah Nyeri Berlebihan Akibat Menstruasi
Ilustrasi perempuan sedang mengalami nyeri karena haid. (Pixabay)
07:07
7 Februari 2024

Mengenali Gejala dan Cara Mencegah Nyeri Berlebihan Akibat Menstruasi

– Nyeri atau kram saat menstruasi disebut dismenorea. Terdapat dua jenis yaitu dismenorea primer ialah nyeri akibat terjadinya proses pengeluaran darah kotor yang merupakan sisa dari jaringan endometrium dulunya sudah disiapkan untuk penempelan zigot jika terjadi pembuahan.

Selanjutnya dismenorea sekunder disebabkan oleh penyakit-penyakit yang lain seperti endometriosis, adenomiosis, PID. Jika sudah mengalami hal demikian maka segeralah mendatangi dokter kandungan agar dapat ditangani segera.

Gejala awal yang dialami saat menstruasi mulai dari nyeri perut bagian bawah. Tingkat kesakitan yang dialami juga berbeda-beda bisa sangat sakit atau bahkan tidak terasa sama sekali.

Nyeri perut bagian atas, kembung atau nyeri lambung disebabkan oleh stressor. Jadi pada saat mens mengalami stress yang tidak terkontrol dan terjadinya peningkatan asam lambung.

Nyeri kepala, sebagian perempuan pasti akan mengalami migren atau sakit kepala bagian belakang. Hal itu juga dapat disebabkan stress karena nyeri haid.

Lemas, banyak sebagian perempuan untuk malas bangun atau beraktivitas apapun. Bisa karena merasakan kesakitan yang luar biasa. Kemudian nafsu makan bertambah jadi wajar saja jika pada saat mens ingin makan apapun dan porsi lebih banyak dari biasanya.

Mood swing atau mood imbalance, itu disebabkan karena tidak dapat melakukan aktivitas dengan baik sehingga terjadinya perubahan mood seperti mudah marah, tersinggung, komunikasi menjadi buruk, dan lain-lain.

Untuk mencegah nyeri berlebih biasanya dengan mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri atau untuk merelaksasi otot-otot bagian rahim. Pencenggahan juga dapat dilakukan secara pribadi seperti olahraga ringan atau yoga sehingga tubuh akan menjadi rileks.

Terapi akupuntur, biasanya paling banyak pada usia remaja mengalami nyeri pada saat mens. Setelah melakukan terapi rasa sakit yang disebabkan menstruasi akan berangsur mereda.

Mengatur pola makan seperti kurangi pedas, asam serta perbanyak makanan yang hangat. Terakhir tidur di ruangan yang gelap dan mengompres perut.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #mengenali #gejala #cara #mencegah #nyeri #berlebihan #akibat #menstruasi

KOMENTAR