Mengenal Kesehatan Mental, Faktor Penyebab hingga Cara Pencegahan Agar Terhindar dari Depresi
Ilustrasi orang mengalami depresi (Freepik)
08:24
13 Oktober 2024

Mengenal Kesehatan Mental, Faktor Penyebab hingga Cara Pencegahan Agar Terhindar dari Depresi

 

Kesehatan mental adalah kondisi kesejahteraan mental yang memungkinkan orang mengalami tekanan hidup, mereka yang menderita akan hal ini akan menyadari batas kemampuan mereka, belajar dan bekerja dengan baik, serta berkontribusi pada komunitas mereka.

Kesehatan mental lebih dari sekadar tidak adanya gangguan mental. Kesehatan mental masuk kedalam suatu kontinum yang kompleks, serta dialami secara berbeda dari satu orang ke orang lain, dengan tingkat kesulitan dan tekanan yang berbeda-beda serta kemungkinan hasil sosial dan klinis yang sangat berbeda pula.

Adapun faktor dan cara pencegahan agar terhindar dari kesehatan mental seperti dikutip pada World Health Organization.

Munculnya gangguan terhadap kesehatan mental seseorang sering dijumpai pada faktor psikologis dan biologis setipa individu seperti keterampilan emosional, penggunaan zat terlarang dan genetika dapat membuat orang lebih rentan terhadap masalah kesehatan mental.

Pengaruh terhadap keadaan sosial, ekonomi, geopolitik, dan lingkungan yang tidak menguntungkan termasuk kemiskinan, kekerasan, ketidaksetaraan, dan deprivasi lingkungan juga meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi kesehatan mental.

Faktor-faktor perlindungan juga kerap terjadi dan berfungsi untuk memperkuat ketahanan. Faktor-faktor tersebut meliputi keterampilan dan atribut sosial dan emosional individu serta interaksi sosial yang positif, pendidikan yang berkualitas, pekerjaan yang layak, lingkungan yang aman, dan kohesi komunitas, antara lain.

Risiko kesehatan mental dan faktor perlindungan dapat ditemukan di masyarakat pada skala yang berbeda. Ancaman lokal meningkatkan risiko bagi individu, keluarga, dan masyarakat.

Ancaman global meningkatkan risiko bagi seluruh populasi dan mencakup kemerosotan ekonomi, wabah penyakit, keadaan darurat kemanusiaan, dan pengungsian paksa, serta krisis iklim yang terus meningkat.

Setiap faktor risiko dan faktor perlindungan hanya memiliki kekuatan prediktif yang terbatas. Kebanyakan orang tidak mengalami kondisi kesehatan mental meskipun terpapar faktor risiko dan banyak orang tanpa faktor risiko yang diketahui tetap mengalami kondisi kesehatan mental.

Meskipun demikian, faktor penentu kesehatan mental yang saling berinteraksi berfungsi untuk meningkatkan atau melemahkan kesehatan mental.

Adapun pencegahan agar tidak menderita kesehatan mental yakni

Intervensi promosi dan pencegahan bekerja dengan mengidentifikasi faktor penentu kesehatan mental secara individu, sosial, dan struktural.

Lalu melakukan intervensi untuk mengurangi risiko, membangun ketahanan, dan membangun lingkungan yang mendukung kesehatan mental. Intervensi dapat dirancang untuk individu, kelompok tertentu, atau seluruh populasi.

Penataan ulang faktor penentu kesehatan mental sering kali memerlukan tindakan di luar sektor kesehatan, sehingga program promosi dan pencegahan harus melibatkan sektor pendidikan, ketenagakerjaan, peradilan, transportasi, lingkungan, perumahan, dan kesejahteraan.

Sektor kesehatan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dengan menanamkan upaya promosi dan pencegahan dalam layanan kesehatan; dan dengan mengadvokasi, memulai, dan, jika sesuai, memfasilitasi kolaborasi dan koordinasi multisektoral.

Mempromosikan kesehatan mental anak dan remaja merupakan prioritas lain dan dapat dicapai melalui kebijakan dan undang-undang yang mempromosikan dan melindungi kesehatan mental, mendukung pengasuh untuk memberikan perawatan yang penuh kasih sayang.

Menerapkan program berbasis sekolah, dan meningkatkan kualitas lingkungan komunitas dan daring. Program pembelajaran sosial dan emosional berbasis sekolah merupakan salah satu strategi promosi yang paling efektif bagi negara-negara di semua tingkat pendapatan.

Mempromosikan dan melindungi kesehatan mental di tempat kerja merupakan bidang minat yang berkembang dan dapat didukung melalui undang-undang dan peraturan, strategi organisasi, pelatihan manajer, dan intervensi bagi pekerja.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #mengenal #kesehatan #mental #faktor #penyebab #hingga #cara #pencegahan #agar #terhindar #dari #depresi

KOMENTAR