4 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Rambut, Bisa Mengatasi Ketombe!
Ini 4 Manfaat Jahe untuk Rambut. (Pinkvilla)
08:14
11 Oktober 2024

4 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Rambut, Bisa Mengatasi Ketombe!

 

 

 - Jahe, secara ilmiah dikenal sebagai Zingiber officinale, mengandung sejumlah besar vitamin esensial seperti C, B6, dan E.

Selain itu, jahe mengandung bahan aktif utama, 6-gingerol, yang secara keseluruhan memberikan khasiat obat pada rempah unik ini.

Dikutip dari Pinkvilla, Jum’at (11/10), secara khusus jahe disebut memiliki manfaat untuk kesehatan rambut.

Apabila beragam nutrisi dari jahe digabungkan, maka dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan, berikut ini beberapa manfaatnya.

  1. Dapat Membantu Mengatasi Ketombe

Senyawa 6-gingerol dan polifenol lain yang ada dalam jahe memiliki khasiat antibakteri dan antijamur, yang dapat membuat kulit kepala menjadi sehat.

Zat-zat ini telah terbukti dapat melawan berbagai macam mikroorganisme, oleh karena itu, khasiatnya juga bisa mencegah ketombe dan gejala terkaitnya seperti gatal dan kulit kepala mengelupas.

  1. Dapat Membantu Memperkuat Rambut

Jahe dapat memperkuat rambut dari akarnya, membuatnya tidak mudah patah, lebih tebal dan juga menyehatkan.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap sifat antioksidan jahe membuktikan bahwa ia secara signifikan menetralkan molekul pemicu stres oksidatif.

Selain itu, 6-gingerol telah terbukti secara aktif membersihkan molekul NO (nitrit oksida) yang berlebihan yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

Dengan demikian, jahe dapat membantu meningkatkan aliran darah di kulit kepala dan melawan stres oksidatif, sehingga menghasilkan rambut yang lebih kuat.

  1. Dapat Membantu Meningkatkan Kesehatan Rambut

Efek antiperadangan  pada jahe dapat membantu menenangkan kulit kepala manusia yang sedang teriritasi atau meradang.

Selain itu, dengan peningkatan sirkulasi darah, kulit kepala akan menerima pasokan nutrisi yang lebih baik dari nutrisi penting seperti seng, fosfor, magnesium.

  1. Dapat Membantu Merawat Rambut

Berkat komposisinya yang kaya akan asam lemak esensial, vitamin, dan mineral, jahe dapat membantu memperbaiki kutikula rambut yang rusak serta membantu memulihkan hilangnya kelembapan.

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #manfaat #jahe #untuk #kesehatan #rambut #bisa #mengatasi #ketombe

KOMENTAR