Mengulik 8 Manfaat Lemak Nabati Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi. lemak dalam tubuh./istimewa
19:13
1 Pebruari 2024

Mengulik 8 Manfaat Lemak Nabati Bagi Kesehatan Tubuh

 

 

Seperti diketahui, lemak dibedakan menjadi dua yakni, lemak nabati dan juga lemak hewani.

Secara umum, lemak nabati berasal dari tumbuhan dan memiliki manfaat bagi bagi tubuh manusia.

Secara kimiawi, lemak nabati tidak berbeda dengan lemak hewani yang sama-sama tersusun atas trigliserida. 

Dikutip dari website kemkes.go.id, dijelaskan bahwa lemak nabati dibagi menjadi lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.   Berikut adalah beberapa manfaat lemak nabati, baik lemak tak jenuh tunggal maupun lemak tak jenuh ganda :   1. Menurunkan kolesterol   Manfaat lemak nabati dalam menurunkan kolesterol diperoleh dari senyawa fitosterol di dalamnya. Senyawa ini akan menghambat penyerapan kolesterol pada sistem pencernaan dan terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol dalam darah.   Bahkan, orang yang telah mengkonsumsi obat penurun kolesterol juga disarankan untuk mengonsumsi lemak nabati. Ini karena lemak nabati dapat mendukung kerja obat penurun kolesterol.



2. Mencegah serangan jantung   Minyak nabati dapat menurunkan kadar kolesterol, sehingga risiko terjadinya serangan jantung juga akan berkurang. Manfaat lemak nabati ini akan diperoleh bila rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat ini.   Selain karena kandungan senyawa fitosterol, manfaat lemak nabati dalam mengurangi risiko terjadinya serangan jantung juga didapatkan dari kandungan lemak tak jenuh tunggal maupun ganda yang mampu menurunkan kadar kolesterol.

3. Mencegah keriput
  Beberapa sumber lemak nabati, seperti alpukat, minyak zaitun, dan minyak biji bunga matahari, seringkali digunakan dalam produk perawatan wajah karena mampu mencegah keriput maupun tanda penuaan dini lainnya.   Manfaat lemak nabati untuk mencegah keriput ini diperoleh dari senyawa alami yang bersifat antioksidan, yaitu vitamin E. Vitamin ini banyak terkandung di dalam sumber lemak nabati, seperti alpukat, minyak zaitun, dan minyak biji bunga matahari.

4. Mencegah pikun   Kacang-kacangan adalah pilihan sumber lemak nabati. Kacang-kacangan mampu meningkatkan kesehatan otak dan mencegah pikun pada lansia karena. Ini karena kacang mengandung vitamin E yang bersifat antioksidan.   Pada dasarnya, semua jenis kacang baik untuk mencegah pikun. Namun, kacang walnut dianggap lebih baik daripada jenis kacang lainnya. Selain mengandung vitamin E, kacang walnut juga mengandung asam lemak omega-3.



5. Mengurangi risiko terkena kanker   Meningkatkan asupan lemak nabati disarankan untuk mengurangi risiko terjadinya kanker. Sebab, lemak nabati dapat meningkatkan kadar antioksidan dan mengurangi peradangan. Beberapa jenis kanker yang dapat dicegah dengan mengonsumsi lemak nabati adalah kanker prostat, kanker payudara, dan kanker saluran pencernaan.   6. Menjaga kesehatan dan fungsi otak   Minyak kacang tanah dan minyak almond, tidak hanya kaya akan lemak berupa omega-3, tetapi juga vitamin E. Asupan omega-3 dan vitamin E yang cukup merupakan kombinasi tepat untuk fungsi otak yang sehat.   Omega-3 membantu membentuk myelin, yakni selubung lemak yang melindungi saraf dan mempercepat pengiriman sinyal saraf. Sementara itu, vitamin E berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

7. Membantu menjalankan berbagai fungsi tubuh   Selain menyediakan cadangan energi bagi tubuh, lemak juga memiliki banyak fungsi lainnya. Lemak dari minyak nabati dapat menjadi bantalan yang melindungi organ vital, menghangatkan tubuh, serta membantu menjalankan fungsi sel.   Tubuh juga memerlukan lemak untuk menjalankan fungsi sistem imun tubuh dan membentuk hormon-hormon penting. Tanpa asupan lemak yang memadai, tubuh Anda tidak dapat menjalankan semua fungsi penting ini.

8. Membantu penyerapan vitamin   Vitamin terbagi menjadi dua kelompok, yakni vitamin larut lemak dan vitamin larut air. Vitamin yang tergolong larut lemak yakni vitamin A, D, E, dan K. Sementara itu, vitamin larut air terdiri atas vitamin B kompleks dan C.    Meski sering mengonsumsi vitamin, tubuh tidak akan mampu menyerapnya bila kekurangan asupan lemak. Menambahkan minyak nabati ke dalam makanan sehari-hari merupakan cara yang paling mudah untuk memenuhi kebutuhan lemak.   Untuk mendapatkan manfaat lemak nabati secara maksimal, hindari menggunakan lemak nabati untuk menggoreng. Jika ingin menggunakan minyak nabati sebagai campuran makanan, misalnya untuk salad dressing, pilihlah minyak nabati yang murni, seperti minyak zaitun.    Sebab, proses penyulingan dapat menghilangkan berbagai kandungan penting dalam lemak nabati yang bermanfaat untuk kesehatan. Memilih produk olahan lemak nabati, pastikan produk tersebut tidak mengandung lemak jenuh (saturated fat). Untuk mengetahui kandungan lemak, dapat mengetahuinya dari label kemasan.   Karena berasal dari tumbuhan, lemak nabati dapat dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk orang yang menjalani diet vegetarian maupun vegan. Meskipun manfaat lemak nabati untuk kesehatan sangat beragam, pastikan mengimbanginya dengan asupan nutrisi lain, termasuk lemak hewani, karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.   Dikutip dari website www.klikdokter.com menjelaskan bahwa cara untuk sehat konsumsi lemak nabati. Berbagai sumber lemak nabati di atas sangat mudah diolah dan dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya. Beberapa menu enak yang bisa menjadi sumber lemak nabati misalnya:
- Chia seed untuk tambahan puding dan oatmeal
- Avocado toast
- Mixed nut tanpa garam atau bumbu
- Roti panggang dengan selai kacang
- Salad dengan minyak zaitun dan potongan tahu
Karena, beberapa produk selai kacang juga mengandung tambahan gula. Lebih baik pilih selai kacang murni. Meskipun lemak nabati bermanfaat, jumlah konsumsinya tetap tidak boleh berlebihan. Jangan lupa penuhi asupan bergizi seimbang lainnya agar kebutuhan nutrisi tercukupi.     Minyak nabati yang kaya akan lemak tak jenuh antara lain minyak zaitun, minyak bunga matahari, minyak canola, dan minyak kedelai. Sementara itu, minyak yang tinggi kandungan lemak jenuh yakni minyak kelapa, minyak sawit, dan minyak inti sawit.   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #mengulik #manfaat #lemak #nabati #bagi #kesehatan #tubuh

KOMENTAR