Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi? Ini Jam yang Tepat dan Cara Minum Kopi Agar Berdampak Baik Bagi Kesehatan
Minum kopi di waktu yang tepat dapat berdampak baik bagi kesehatan. (Arshad Sutar / Pexels)
10:20
10 Oktober 2024

Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi? Ini Jam yang Tepat dan Cara Minum Kopi Agar Berdampak Baik Bagi Kesehatan

- Minum kopi tiap hari sudah menjadi kebiasaan setiap orang karena dipercaya dapat meningkatkan semangat saat beraktivitas. Bahkan, sebagian orang juga sangat bergantung kepada kopi hingga terkadang mereka minum secara berlebihan.

Minum kopi memang memiliki manfaat bagi tubuh, misalnya dapat mencegah diabetes tipe II, menghilangkan sakit kepala serta dapat mengurangi stress.

Hal ini dikarenakan kopi mengandung kafein yang dapat memberikan stimulan ringan untuk sistem saraf pusat yang dapat meningkatkan kewaspadaan serta menambah energi.

Melansir laman Harvard Nutrition Source, dalam satu cangkir kopi setidaknya mengandung 95 miligram kafein. Sehingga, jika dikonsumsi dalam ukuran sedang kopi dianggap sebagai minuman yang sehat.

Namun, jika salah dalam mengkonsumsi, kopi juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Kopi dapat menyebabkan insomnia, meningkatkan tekanan darah, gangguan pencernaan hingga dapat memicu rasa cemas.

Oleh karenanya, ketika mengkonsumsi kopi perlu diperhatikan takaran serta waktu yang tepat agar manfaatnya terasa. Lalu, kapan dan bagaimana meminum kopi yang tepat agar berdampak baik bagi kesehatan?

Minum di pagi hari

Melansir Cleveland Clinic, waktu terbaik minum kopi adalah di pagi hari setelah bangun dari tidur. Hal ini dikarenakan kafein pada kopi dapat menjadi stimulan serta meningkatkan jumlah kortisol dalam tubuh.

Minum kopi setelah bangun tidur juga dapat membantu meningkatkan energi serta menjaga mood agar tetap baik.

Minum di siang hari

Menurut National Health Service, waktu terbaik untuk minum kopi adalah pukul dua siang.

Lalu, jika ingin mendapatkan manfaat lebih dari kopi, maka disarankan untuk tidur siang selama 15 menit setelah minum kopi atau biasa dikenal dengan “tidur siang kafein”.

Mengutip laman Inverse, bahwa tidur siang sambil minum kopi dapat membantu mengisi ulang tenaga dan dapat terjaga dalam waktu yang lebih lama.

Selain itu, tidur siang sambil minum kopi juga dapat mencegah tubuh dari kelelahan, sehingga ketika bangun kondisi badan lebih dapat lebih segar dari sebelumnya.

Jangan tambahkan gula dan krim buatan

Untuk mendapatkan manfaat lebih dari kopi, disarankan agar jangan menambahkan gula saat meminumnya. Hal ini dikarenakan gula dapat menyebabkan gula darah dalam tubuh menjadi naik serta menyebabkan berat badan naik.

Begitu juga dengan krim buatan agar kopi menjadi minuman yang bebas kalori, lemak serta karbohidrat.

Tambahkan sedikit kayu manis

Mengutip laman Healthline, menambahkan sedikit kayu manis ke dalam seduhan kopi tidak hanya membuat rasanya semakin nikmat, tetapi juga menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, dengan menambahkan kayu manis juga membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan trigliserida pada penderita diabetes.

Jangan minum terlalu banyak

Untuk minum kopi, disarankan agar minum maksimal 2 cangkir per hari. Hal ini dikarenakan satu cangkir kopi mengandung setidaknya 95 miligram kafein.

Sehingga, minum dua cangkir per hari cukup untuk tubuh, karena jika kafein dalam tubuh lebih tinggi atau lebih dari 400 - 600 miligram dapat mengganggu kesehatan.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #kapan #waktu #terbaik #minum #kopi #yang #tepat #cara #minum #kopi #agar #berdampak #baik #bagi #kesehatan

KOMENTAR