Ketahui 9 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan, Berikut Penjelasannya
Tak hanya lezat dan pengolahannya mudah, brokoli juga memiliki kandungan nilai gizi yang tinggi. (Pexels)
15:37
1 Pebruari 2024

Ketahui 9 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan, Berikut Penjelasannya

- Brokoli adalah sayuran yang berasal dari keluarga kubis-kubisan (Brassicaceae). Brokoli adalah tanaman silangan sayuran seperti kangkung, kembang kol, dan kubis Brussel. Sampai saat ini, brokoli kerap menjadi bahan aneka hidangan yang lezat. Namun tak hanya lezat dan pengolahannya mudah, brokoli juga memiliki kandungan nilai gizi yang tinggi.

Brokoli dikenal tidak hanya karena rasanya tetapi juga karena banyak manfaatnya bagi kesehatan. Brokoli kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Brokoli kaya akan serat tidak larut dan memiliki manfaat antimikroba dan antiinflamasi. Mungkin juga mengandung senyawa yang melindungi terhadap jenis kanker tertentu.

Berikut ini adalah manfaat brokoli bagi kesehatan dikutip dari Very Well Health, Kamis (1/2):

Kandung Gizi pada Brokoli

Satu porsi brokoli mentah mengandung:
24 kalori
2 gram (g) protein
2 gram serat
0 gram lemak
35 miligram (mg) kalsium
0,5 mg zat besi
230 mg kalium
16 mg magnesium
40 mg vitamin C
49 mg folat
78 mg vitamin K

Brokoli kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi lainnya, antara lain:

Vitamin: Vitamin A, C, E dan K memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan tulang.

Mineral: kalsium, zat besi, dan kalium membantu perkembangan tulang dan kesehatan otot.

Antioksidan: Vitamin C dan E, beta karoten, dan flavonoid melindungi sel dari kerusakan.

Senyawa bioaktif: Glukosinolat, sulforaphane , dan indole-3-carbinol memiliki efek antiinflamasi dan antimikroba.

Serat: Serat tidak larut membantu pencernaan.

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

1. Kesehatan mulut

Kandungan brokoli dapat menyehatkan mulut karena memiliki kandungan kalsium dan vitamin C. Kandungan tersebut juga dapat menurunkan resiko penyakit periodontal.Senyawa bioaktif dalam brokoli juga dapat mengurangi resiko penyakit kanker mulut.

2. Kesehatan pencernaan

Brokoli kaya akan serat dan antioksidan. Keduanya dapat mendukung fungsi usus yang sehat dan kesehatan pencernaan. Sistem kerja usus yang baik dapat membantu mencegah sembelit. serat dalam brokoli juga bisa menurunkan resiko kanker usus.

3. Menurunkan peradangan

Brokoli mengandung antioksidan yang mampu menetralisir kerusakan sel dalam tubuh. Ini membantu menurunkan peradangan dan melindungi terhadap penyakit kronis.

4. Kesehatan jantung

Serat dan potasium dalam brokoli terbukti menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi kolesterol dan meningkatkan fungsi kardiovaskular.

Pola makan yang kaya sayuran seperti brokoli dapat menurunkan risiko aterosklerosis, yang menyebabkan penumpukan plak di lapisan arteri, membuatnya kaku. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

5. Kesehatan tulang

Brokoli kaya akan kalsium, yang diperlukan untuk kekuatan tulang. Ia juga kaya akan vitamin K, yang dibutuhkan untuk membantu tulang Anda menyerap dan menggunakan kalsium. Pola makan kaya kalsium dan vitamin K dapat membantu menurunkan resiko osteoporosis (penurunan kepadatan dan massa mineral tulang).

6. Menurunkan kadar kolesterol

Mengonsumsi brokoli berpotensi menurunkan kadar kolesterol dan menyehatkan sirkulasi pembuluh darah. Pada akhirnya, ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Senyawa glutathione pada sayuran yang masuk jenis kubis-kubisan ini dapat mendukung kesehatan usus. Secara signifikan meningkatkan pertahanan tubuh terhadap infeksi. Sebagai antioksidan kuat, glutathione bekerja di seluruh tubuh untuk melindungi sel dari kerusakan inflamasi.

8. Mengatur gula darah

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen brokoli secara teratur juga mengalami penurunan kadar trigliserida dan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) (dianggap sebagai kolesterol "jahat").

9. Kehamilan sehat

Brokoli merupakan sumber folat yang baik , vitamin yang diperlukan untuk ibu hamil. Kekurangan folat dikaitkan dengan peningkatan risiko malformasi sumsum tulang belakang pada bayi. Mengonsumsi makanan kaya folat juga dapat melindungi dari keterlambatan perkembangan.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #ketahui #manfaat #brokoli #untuk #kesehatan #berikut #penjelasannya

KOMENTAR