Dialami Kiky Saputri, Ini Tips Menjaga Kehamilan Setelah Keguguran
Kiky Saputri (Instagram)
15:40
7 Oktober 2024

Dialami Kiky Saputri, Ini Tips Menjaga Kehamilan Setelah Keguguran

Setelah sempat mengalami keguguran pada Maret 2024 lalu, Kiky Saputri akhirnya mengumumkan kehamilannya kembali. Bahkan, usia kehamilannya sudah memasuki usia 4 bulan dan baru saja menggelar acara pengajian pada Minggu (6/10/2024).

Kiky Saputri tampaknya memang sengaja tidak mengumumkan kehamilannya di awal karena merasa cemas dengan riwayat keguguran yang pernah dialaminya. Istri dari Muhammad Khairi itu tampaknya memilih untuk mengumumkan kehamilannya itu setelah melewati trimester pertama.

Keguguran merupakan salah satu masalah umum yang sering dialami ibu hamil karena banyak faktor. Namun keguguran sendiri bukanlah indikasi tidak bisa hamil lagi. Lalu, bagaimana tips menjaga kehamilan setelah keguguran seperti Kiky Saputri? 

Tips Menjaga Kehamilan Setelah Keguguran

Baca Juga: Adu Honor Komika Ate Vs Kiky Saputri, Ada yang Blak-blakan Bukan Pendukung Gibran Cs

Ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk meminimalkan terjadinya keguguran kembali, sehingga kehamilan kali ini bisa lebih sehat, seperti dikutip dari Alodokter:

  1. Melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin sesuai dengan anjuran dokter kandungan, untuk memantau perkembangan janin dan kesehatan Ibu hamil.
  2. Menghindari stres berlebihan, supaya peluang untuk alami keguguran kembali dapat diminimalisir.
  3. Tips menjaga kehamilan setelah keguguran selanjutnya adalah menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat. Seperti sayur, buah, kacang-kacangan, daging rendah lemak, ikan, telur, hingga susu dan produk olahannya.
  4. Rutin konsumsi vitamin prenatal yang mengandung asam folat untuk menjaga kehamilan. Vitamin prenatal yang mengandung asam folat ini sangat bermafaat untuk perkembangan otak dan saraf bayi.
  5. Melakukan olahraga yang aman untuk dilakukan ibu hamil secara rutin.
  6. Jika keguguran pada kehamilan sebelumnya disebabkan oleh kelebihan berat badan, maka Anda perlu menjaga berat badan agar tetap dalam batas normal di kehamilan berikutnya.
  7. Hindari rokok, alkohol, dan narkoba selama menjalani masa kehamilan. Seperti yang kita ketahui, rokok, alkohol dalam kadar berlebihan, dan narkoba, tidak baik untuk kesehatan. Jadi, pastikan Anda meninggalkan kebiasaan yang tidak menyehatkan ini jika ingin kehamilan Anda tetap sehat.

Itulah beberapa tips menjaga kehamilan setelah keguguran yang bisa dipraktikkan. Selain itu, penting juga untuk memastikan supaya jangan membiarkan ketakutan dan kecemasan menguasai pikiran Anda selama menjalani kehamilan. Sebab, hal ini hanya akan membuat kehamilan setelah keguguran menjadi lebih berat untuk dijalani.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Vania Rossa

Tag:  #dialami #kiky #saputri #tips #menjaga #kehamilan #setelah #keguguran

KOMENTAR