Waspada! Efek Samping Kelebihan Konsumsi Garam yang Harus Diketahui Agar Terhindar dari Penyakit Berbahaya
Tanda Tubuh Kelebihan Konsumsi Garam. (Sumber foto: freepik.com)
05:54
30 September 2024

Waspada! Efek Samping Kelebihan Konsumsi Garam yang Harus Diketahui Agar Terhindar dari Penyakit Berbahaya

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang sudah ditemukan sejak dahulu dan sekarang menjadi bahan yang wajib ditambahkan kedalam masakan.

Garam mampu memberikan rasa asin pada masakan, sehingga makanan akan sedap dan tidak terasa hambar untuk dikonsumsi.

Garam mengandung 400 mg natrium, zat ini berfungsi membantu kerja saraf dan otot menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh serta mengendalikan tekanan dan volume darah.

Namun konsumsi garam harus dibatasi karena menimbulkan dampak negatif pada tubuh. Disarankan mengonsumsi maksimal 1 sendok teh garam atau setara dengan 5 gram (2000 miligram natrium).

Selain itu perlu perhatikan juga camilan yang Anda konsumsi, bisa jadi makanan kemasan tersebut mengandung natrium yang tinggi sehingga melebihi batas konsumsi yang dianjurkan.

Lalu apa saja efek yang akan dialami tubuh ketika asupan garam berlebih? Dikutip dari kanal YouTube Saddam Ismail berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan Tekanan Darah

Apabila kandungan natrium dalam darah terlalu banyak maka dapat meningkatkan volume darah, akibatnya adalah tekanan darah ikut meningkat.

Kandungan natrium yang berlebihan dalam darah lambat laun dapat merusak dinding pembuluh darah yang dapat mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit.

2. Stroke

Mengonsumsi garam berlebihan apalagi dalam jangka panjang dapat merusak dinding pembuluh darah, akibatnya adalah nutrisi dan oksigen ke otak dapat terganggu.

Peningkatan tekanan darah juga dapat mengakibatkan pembuluh darah di otak pecah yang menyebabkan terjadinya stroke.

3. Penyakit Jantung

Kebanyakan makan garam dapat meningkatkan tekanan darah tinggi atau sering disebut hipertensi. Kadar natrium yang tinggi akan menyebabkan rusaknya pembuluh darah.

Tekanan darah yang tinggi akan memicu jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah sehingga tubuh dapat mengalami gagal jantung.

4. Osteoporosis

Mengonsumsi garam secara berlebihan dapat menyebabkan dampak pada tulang. Kalsium akan keluar melalui urine jauh lebih banyak.

Apabila hal ini terus terjadi maka tubuh akan mengambil kalsium di tulang untuk menyeimbangkan kekurangan kalsium di dalam tubuh.

Sehingga tulang akan mengalami pengeroposan dan jangka waktu lama akhirnya terjadi osteoporosis.

5. Mengganggu Fungsi Ginjal

Garam apabila dikonsumsi tidak melebihi batas yang dianjurkan sebenarnya bagus untuk mengatur cairan di dalam tubuh.

Namun bila garam dikonsumsi secara berlebihan maka mengakibatkan ginjal akan sedikit mengeluarkan cairan urine dan resistensi air dalam tubuh meningkat.

Sehingga tubuh akan mengalami edema atau penumpukan cairan, akibatnya adalah terjadi pembengkakan pada beberapa bagian tubuh seperti tangan dan kaki.

6. Batu Ginjal

Mengonsumsi garam secara berlebihan menyebabkan kalsium akan terbuang melalui urine dalam jumlah yang banyak. Sehingga kadar kalsium di dalam urine akan meningkat.

Kadar kalsium yang tinggi dalam urine dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal. Maka dari itu batasi konsumsi garam agar menurunkan resiko terbentuknya batu ginjal.

7. Dehidrasi

Mengonsumsi garam yang berlebihan akan menyebabkan Anda merasa lebih haus atau ingin minum lebih banyak daripada biasanya.

Asupan cairan yang masuk dalam tubuh akan meningkat sehingga Anda akan sering buang air kecil. Apabila cairan di dalam tubuh berkurang karena sering buang air kecil maka akan berakibat mengalami dehidrasi.

Setelah mengetahui dampak mengonsumsi garam secara berlebihan bukan berarti Anda harus menghindari garam sama sekali, karena sebenarnya garam juga diperlukan oleh tubuh. Anda hanya perlu memperhatikan kadar garam yang masuk ke dalam tubuh.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #waspada #efek #samping #kelebihan #konsumsi #garam #yang #harus #diketahui #agar #terhindar #dari #penyakit #berbahaya

KOMENTAR