5 Penyebab dan Dampak Kekurangan Vitamin D, Kamu Wajib Tahu!
Manfaat penting vitamin D untuk kesehatan tubuh. (OvaLab)
19:09
26 September 2024

5 Penyebab dan Dampak Kekurangan Vitamin D, Kamu Wajib Tahu!

Vitamin D berguna dalam menjaga kesehatan tulang dan membantu penyerapan kalsium bagi tubuh manusia.

Bagi orang yang tidak memiliki kondisi medis tertentu dan rutin menjalani pola hidup sehat, kekurangan vitamin D sebenarnya cukup jarang terjadi.

Tentu, kebutuhan vitamin D bagi manusia berbeda-beda, tergantung usianya. Pada bayi, asupan vitamin D yang perlu dipenuhi setiap harinya adalah 10 mcg (400 IU).

Kemudian, kebutuhan vitamin D pada anak-anak dan orang dewasa adalah 15 mcg (600 IU) per hari, dan lansia sekitar 20 mcg (800 IU) per hari.

Jika kekurangan vitamin D kronis atau parah, penurunan penyerapan kalsium dan fosfor oleh usus menyebabkan hipokalsemia (kadar kalsium rendah dalam darah).

Hal ini menyebabkan hiperparatiroidisme sekunder (paratiroid yang terlalu aktif berusaha menjaga kadar kalsium darah tetap normal).

Melalui artikel ini, kita akan membahas apa saja penyebab dan dampak kekurangan vitamin D pada manusia dikutip melalui Medical News Today (26/9).

Penyebab Kekurangan Vitamin D

Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab seseorang kekurangan vitamin D. Seperti kurangnya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D karena diet yang ekstrim.

Kemudian, kurang atau jarang terpapar sinar matahari secara langsung dan warna kulit lebih gelap.

Selanjutnya penyakit atau kondisi medis tertentu seperti hiperparatiroidisme, osteoporosis, kerusakan hati dan ginjal, tuberkulosis, kanker, serta gangguan pencernaan.

Tak lupa obesitas, efek samping obat-obatan seperti obat antikejang, obat penurun kolesterol cholestyramine, kortikosteroid, anti jamur, dan pengobatan HIV.

Dampak Kekurangan Vitamin D

Ada berbagai macam dampak dari kekurangan vitamin D yang perlu diwaspadai.

Seperti meningkatnya risiko infeksi, osteoporosis, penyakit jantung, gangguan reproduksi hingga memicu depresi.

1. Mudah Lelah

Apabila tubuh mudah lelah walaupun telah mendapatkan istirahat yang cukup, hal ini berkemungkinan sebagai defisiensi vitamin D.

Akibat kekurangan vitamin D, seringkali seseorang merasakan lemas dan tidak berenergi. Sebab, vitamin D diperlukan oleh tubuh untuk menjaga stamina serta meningkatkan kinerja otot.

Karena itu, tubuh yang kekurangan vitamin D dapat mengalami penurunan stamina dan fungsi otot secara signifikan.

Selain itu, seseorang juga dapat mengalami nyeri dan kaku pada otot sebagai akibat kekurangan vitamin D.

2. Penyembuhan Luka Lebih Lama

Adapun dampak lainnya ialah penyembuhan luka setelah operasi atau kecelakaan lebih lama dari biasanya.

Hal itu dikarenakan vitamin D memengaruhi produksi senyawa kimia dalam tubuh yang berperan dalam proses penyembuhan luka.

3. Daya Tahan Tubuh Menurun

Kedua, vitamin D turut berperan penting dalam mengoptimalkan kerja sel darah putih pada sistem kekebalan tubuh guna melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Apabila asupan vitamin D tidak tercukupi, kemampuan sel darah putih dalam melawan virus serta bakteri menjadi kurang optimal.

Sehingga, hal ini akan berdampak pada penurunan daya tahan tubuh.

4. Memicu Penyakit Jantung

Selanjutnya, selain osteoporosis, penyakit yang disebabkan kekurangan vitamin D adalah gangguan jantung.

Vitamin D merupakan salah satu zat yang memiliki sifat antiinflamasi, sehingga dapat melindungi jantung dari berbagai macam penyakit serius, seperti jantung koroner dan radang jantung (miokarditis).

5. Kerapuhan Tulang dan Gigi

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penyakit tulang dan gigi seperti osteoporosis, gigi keropos serta gangguan postur tubuh.

Hal ini dikarenakan vitamin D memiliki peran penting dalam proses penyerapan kalsium dalam tubuh.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #penyebab #dampak #kekurangan #vitamin #kamu #wajib #tahu

KOMENTAR