Bagaimana Cara Mengatasi Depresi? Ini 7 Tips Agar Merasa Lebih Baik
Cara Mengatasi Depresi. Sumber foto: Health Shots
13:43
25 September 2024

Bagaimana Cara Mengatasi Depresi? Ini 7 Tips Agar Merasa Lebih Baik

Depresi dikenal sebagai gangguan mental yang merujuk pada suasana hati tertekan, ini berlangsung sangat lama dan menyebabkan hilangnya kesenangan serta minat dalam beraktivitas.

Dikutip dari Health Shots, banyak orang yang menyamakan depresi dengan kesedihan, tetapi keduanya ternyata berbeda.

Perasaan sedih terus-menerus terkadang dapat membebani kita hingga mulai merasakan kekosongan yang menguasai perilaku diri sendiri, ini cara mengatasinya.

1. Terima bantuan

Mengalami depresi sering kali terasa seperti membawa beban emosi dan kekhawatiran yang tak ada habisnya.

Untuk mengatasi depresi, seseorang harus berkomitmen dan teratur dengan berbagai pengobatan, penting untuk dipahami bahwa ini tidak boleh dihindari dan harus menerima kondisi tersebut.

2. Patuhi jadwal Anda

Saat mengalami masa-masa sulit seperti depresi, seseorang mungkin sering merasa lelah, membuat jadwal harian akan membantu mengurangi untuk tak terus terjebak dalam pusaran pikiran negatif.

3. Jangan berkutat pada hal-hal negatif

Depresi sering kali dapat membuat kita mengeluh, merasa pesimis, jangan biarkan hal negatif itu memengaruhi kita serta coba bicaralah dengan teman dan keluarga tentang perasaanmu.

4. Hargai diri Anda sendiri

Setiap langkah kecil yang Anda ambil untuk mengatasi depresi harus diakui, penting mengingatkan diri dan coba memanjakan diri dengan minum kopi, berjalan-jalan di hari yang cerah, atau menonton film favorit.

5. Tetapkan tujuan yang realistis

Orang sering kali menetapkan tujuan yang tidak realistis dan sulit dicapai, cobalah menetapkan tujuan yang realistis dan sederhana sehingga dapat memberi Anda rasa puas dan pencapaian.

6. Lakukan sesuatu yang Anda sukai

Melakukan sesuatu yang Anda sukai dapat memberikan keajaiban dalam mengatasi depresi, hal ini dapat berupa apa saja seperti menggambar, membaca buku, merenda, membuat kue atau menulis jurnal.

7. Jalani gaya hidup sehat

Lakukan olahraga teratur, makan makanan yang sehat dan seimbang, berhenti merokok, kurangi konsumsi alkohol, serta tidur cukup selama 7-8 jam sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #bagaimana #cara #mengatasi #depresi #tips #agar #merasa #lebih #baik

KOMENTAR