Simak! Berikut Manfaat Mengkonsumsi Tahu Bagi Anak, Sumber Protein Nabati yang Kaya Nutrisi
Ilustrasi tahu. (Freepik)
23:50
24 September 2024

Simak! Berikut Manfaat Mengkonsumsi Tahu Bagi Anak, Sumber Protein Nabati yang Kaya Nutrisi

 

 

Tahu merupakan jenis olahan kedelai yang sangat populer di Indonesia, selain harganya ekonomis, makanan ini mudah dijumpai karena hampir setiap pasar menjualnya. 

Meskipun murah, tetap aman dikonsumsi semua usia serta dipercaya mengandung berbagai macam manfaat bagi kesehatan. 

Olahan kedelai ini sangat mudah diolah menjadi beragam jenis masakan yang enak, bisa dimasak dengan cara digoreng, direbus, ataupun dikukus. 

Berdasarkan pendapat para ahli yang dikutip dari laman protein nabati dan  termasuk kategori makanan yang rendah kalori, lemak jenuh, dan kolesterol. Sehingga aman dikonsumsi bagi mereka yang sedang melakukan program diet. Namun, perlu diperhatikan cara pengolahannya. Karena protein non hewani tersebut berisiko kurang higienis akibat pengolahan yang salah. 

Beberapa orang tua bahkan menambahkan tahu sebagai menu MPASI, namun perlu diingat bahwa bayi yang boleh mengkonsumsi tahu sebaiknya telah berusia sepuluh bulan keatas. Selain itu, pastikan bayi tidak memiliki riwayat alergi kacang-kacangan. 

Biarpun mengandung kaya manfaat bagi anak, tentu tahu tidak bisa menggantikan daging, susu ataupun telur sebagai protein hewani. Pastikan untuk memberikan keduanya secara bergantian, jangan lupa disertai dengan nutrisi lain seperti karbohidrat, vitamin, dan sebagainya. 

Hindari pemberian tahu dalam kondisi tidak segar kepada anak, karena akan mengurangi kandungan gizi bahkan berbahaya bagi sang buah hati.

Tips penyimpanan tahu yang benar

Untuk menjaga kandungan gizi dalam tahu, perlu diperhatikan cara penyimpanannya, berikut ini tipsnya:

  • Buang air tahu yang baru saja dibeli dari pasar ataupun supermarket

  • Bersihkan tahu menggunakan air matang, bilas berulang dengan hati-hati agar tidak hancur

  • Taruh di wadah lalu simpan di kulkas

  • Tahu dapat bertahan di chiller kurang lebih 1 minggu, sedangkan penyimpanan di freezer akan bertahan paling lama 5 bulan

Manfaat tahu bagi anak

Penting bagi semua ibu untuk memastikan anak mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, agar mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Salah satu caranya adalah dengan menjadikan tahu sebagai salah satu lauk-pauk bagi si kecil. 

Dilansir JawaPos.com pada situs halodoc.com, terdapat sepuluh koma sembilan gram protein yang terkandung dalam seratus gram tahu. 

Kandungan zat besi pada makanan ini mampu meningkatkan energi dan sistem imun, serta menjaga kesehatan tulang. Melalui penambahan delapan persen tahu ke dalam isi piring, dapat memenuhi kebutuhan zat besi harian. 

Tahu menjadi salah satu sumber protein non hewani yang tergolong dalam jenis makanan bergizi untuk mencegah terjadinya stunting pada balita. 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #simak #berikut #manfaat #mengkonsumsi #tahu #bagi #anak #sumber #protein #nabati #yang #kaya #nutrisi

KOMENTAR