Jangan Tabu! Kenali 3 Poin Pentingnya Skrining Kesehatan Seksual Rutin
Ilustrasi pasangan. (Pexels) (Pexels/Vlada Karpovich)
15:21
23 September 2024

Jangan Tabu! Kenali 3 Poin Pentingnya Skrining Kesehatan Seksual Rutin

Banyak orang yang merasa tabu untuk melakukan skrining kesehatan seksual. Padahal, seperti halnya skrining kesehatan anggota tubuh lain, kesehatan seksual juga penting dilakukan. 

Menjaga kesehatan seksual seseorang harus menjadi prioritas bagi setiap orang. Oleh karena itu, skrining kesehatan seksual rutin memainkan peran penting dalam menjaga kehidupan seks yang sehat dan mencegah penyebaran infeksi menular seksual (IMS).   Sudah waktunya memutus rantai ketabuan melakukan pemeriksaan atau skrining kesehatan seksual demi kehidupan yang lebih sehat.    Dilansir dari Walkin Clinic, inilah pentingnya melakukan skrining kesehatan seksual secara rutin:  

  1. Mengendalikan kesehatan Anda Sendiri.   Dengan melakukan skrining kesehatan seksual secara rutin, Anda bisa mengendalikan kesehatan Anda sendiri. Sebab, ketika rutin melakukan skrining, Anda dapat mendeteksi dan mendiagnosis IMS sejak dini.   Jika ada indikasi IMS, Anda bisa memilih pengobatan yang cepat dan mengurangi risiko komplikasi.    Ketahuilah bahwa banyak IMS seperti klamidia, gonore, dan sifilis yang mungkin tidak menunjukkan gejala nyata, sehingga skrining kesehatan seksual menjadi lebih penting.   

  2. Mencegah penyebaran IMS   Tahukah Anda bahwa penyebaran penyakit IMS sangat mudah terjadi pada seseorang saat terjadi hubungan seksual?   Nah, bila hubungan seksual Anda itu tak diiringi dengan skrining kesehatan seksual rutin, penyebaran IMS takkan terdeteksi.    Skrining rutin memungkinkan identifikasi dan pengobatan infeksi sejak dini, sehingga mengurangi risiko penularan ke pasangan seksual.  

  3. Meningkatkan hubungan   Saat seseorang rutin melakukan skrining kesehatan seksual, biasanya mendorong mereka untuk menjalin komunikasi yang terbuka dan jujur ​​tentang kesehatan seksual dengan pasangan.   Hal itu menunjukkan sikap yang bertanggung jawab dan peduli terhadap kesejahteraan pasangannya di sisi kesehatan seksual   Implikasinya, skrining kesehatan seksual secara rutin secara otomatsi mendorong budaya transparansi dan kepercayaan yang menumbuhkan lingkungan saling mendukung.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #jangan #tabu #kenali #poin #pentingnya #skrining #kesehatan #seksual #rutin

KOMENTAR