Apa Itu Susu Ikan, Viral Gara-Gara Disebut Prabowo Subianto Bakal Jadi Alternatif Susu Sapi
Ilustrasi susu; susu ikan (freepik)
17:16
10 September 2024

Apa Itu Susu Ikan, Viral Gara-Gara Disebut Prabowo Subianto Bakal Jadi Alternatif Susu Sapi

Dalam rangka mewujudkan Program Makan Bergizi Gratis yang dicanangkan presiden Indonesia terpilih, Prabowo Subianto, tim yang bertugas terus melakukan kajian. Terbaru, susu ikan masuk dalam opsi untuk melengkapi menu makan gratis ini. Tapi apa itu susu ikan?

Istilah susu ikan memang tidak lazim digunakan dan terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Itu sebabnya, istilah itu pun langsung menjadi viral dan membuat banyak orang bertanya-tanya. Bisakah ikan menghasilkan susu?

Nyatanya, istilah susu ikan ini memang belum dikenal dalam dunia ilmiah. Hal ini disampaikan oleh Dr. Epi Taufik, ahli biokimia dan dosen Fakultas Peternakan IPB, dalam salah satu media online.

Apa Itu Susu Ikan?

Baca Juga: Karier Letjen TNI Purn AM Putranto: Dulu Seangkatan dengan Andika Perkasa, Kini Berseberangan

Dilanjutkan oleh dosen tersebut, bahwa susu ikan lebih tepat disebut sebagai minuman protein yang diproses dari bahan ikan, bukan dari hewan mamalia seperti susu pada umumnya. Proses produksinya sendiri dimulai dengan ekstraksi protein dari daging ikan untuk kemudian menghasilkan konsentrat protein yang dicampur dengan bahan lain agar memiliki tekstur dan rasa mirip susu konvensional.

Pada sumber lain, misalnya Diskominfo Kabupaten Indramayu, susu ikan yang dikembangkan di Indonesia memiliki beberapa varian rasa. Penambahan rasa ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya terima konsumen, yang mungkin kurang familiar dengan rasa alami dari produk berbasis ikan.

Namun demikian ada pula beberapa pendapat yang mengungkapkan bahwa susu ikan sejatinya adalah minyak ikan, yang memang dikenal sejak lama memiliki konsentrasi nutrisi yang cukup tinggi dan bermanfaat bagi tubuh manusia terutama anak-anak di masa tumbuh kembangnya.

Tentu, penjelasan lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan bentuk dan kandungan nutrisi yang dikandung dari susu ikan yang sedang dalam tahap kajian ini. Rilisan resmi dari pemerintah masih dinantikan agar tidak muncul kebingungan lain dalam masyarakat.

Kandungan Nutrisi Susu Ikan dan Susu Sapi

Baca Juga: Pesan Jusuf Kalla Agar Prabowo Tak Salah Pilih menteri: Cari Yang Profesional

Satu hal yang kemudian menjadi pertanyaan banyak orang, apakah kandungan nutrisi susu ikan ini akan setara dengan susu sapi? Mengingat proses pembuatannya yang tidak singkat dan memerlukan berbagai tambahan bahan agar tekstur dan rasanya mirip dengan susu sapi.

Nutrisi susu sapi secara umum adalah kalsium, protein, vitamin D, dan berbagai nutrisi penting lain yang berperan besar dalam tumbuh kembang anak di usia dini. Sementara itu untuk nutrisi susu ikan karena bahan bakunya dari daging ikan, maka diperkirakan akan kaya dalam asam lemak omega-3, protein, dan sejenisnya. Namun banyak orang berpendapat bahwa nutrisi masing-masing susu ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Itu tadi sekilas tentang penjelasan apa itu susu ikan, yang banyak diartikan oleh masyarakat sebagai minyak ikan yang diolah agar dapat berbentuk menjadi susu seperti susu konvensional. 

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: Vania Rossa

Tag:  #susu #ikan #viral #gara #gara #disebut #prabowo #subianto #bakal #jadi #alternatif #susu #sapi

KOMENTAR