ALTO Network Hadirkan Revolusi All In One Pembayaran QRIS Tap
Talkshow bertema The Rise of NFC Payment: Revolutionizing Payments in Indonesia. [istimewa]
11:35
9 Agustus 2024

ALTO Network Hadirkan Revolusi All In One Pembayaran QRIS Tap

PT ALTO Network (ALTO), sebagai Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP) terkemuka di Indonesia, menyelenggarakan talkshow bertema The Rise of NFC Payment: Revolutionizing Payments in Indonesia.

Kegiatan ini adalah kelanjutan dari soft launching layanan QRIS Tap berbasis NFC pada Jumat (2/8/2024) dalam acara Festival Ekonomi Keuangan Digital dan Karya Kreatif Indonesia (FEKDIxKKI).

Gretel Griselda selaku CEO dari ALTO, menyampaikan antusiasmenya terhadap peluncuran QRIS Tap berbasis NFC ini, inovasi ini dipercaya dapat memberikan kenyamanan untuk masyarakat dalam melakukan pembayaran dan memudahkan pelaku bisnis terutama UMKM untuk menerima pembayaran secara digital.

Talkshow bertema The Rise of NFC Payment: Revolutionizing Payments in Indonesia. [istimewa]Talkshow bertema The Rise of NFC Payment: Revolutionizing Payments in Indonesia. [istimewa]

Layanan QRIS Tap berbasis NFC ini merupakan metode pembayaran nirsentuh yang akan memberikan kemudahan dalam transaksi pembayaran via mobile, meliputi pembayaran pada merchant, transportasi, parkir dan kebutuhan lainnya.

Baca Juga: Update Daftar Negara Terbaru yang Bisa Gunakan QRIS, Korsel Salah Satunya

Inovasi ini merupakan perluasan dari fitur QRIS yang telah ada saat ini, termasuk di antaranya QRIS Antarnegara yang telah beroperasi di Thailand, Malaysia dan Singapura sebagai suatu metode pembayaran berbasis kode QR yang memungkinkan nasabah untuk bertransaksi di merchant luar negeri, begitupun sebaliknya. Adapun selanjutnya, ALTO akan memperluas QRIS Antarnegara untuk negara Jepang, Korea, India, UAE, dan China.

Dalam Talkshow ini, ALTO bekerja sama dengan PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme) memperkenalkan Soundbox yang merupakan pionir dan satu-satunya inovasi perangkat all in one yang dapat menampilkan QRIS Statis, menerima pembayaran QRIS Dinamis, QRIS CPM dan tentunya QRIS TAP berbasis NFC.

Vicky Saputra, Co-Founder & CEO Netzme, menyampaikan bahwa “teknologi Soundbox adalah langkah maju yang signifikan dalam memfasilitasi pembayaran digital di berbagai jenis usaha terutama bagi UMKM,” kata Vicky.

Tata Martadinata sebagai Head of Product and Technology Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) juga ikut serta dalam talkshow ini, Tata menyampaikan bahwa dari 83,5 juta transaksi QRIS dilakukan setiap setiap bulannya dari total 37,5 juta merchant di Indonesia. “Penetrasi QRIS di seluruh Indonesia sudah cukup tinggi sehingga tidak heran bahwa nantinya transaksi digital di Indonesia akan lebih agresif dan menyeluruh” ujar Tata.

Selain itu ALTO juga mengundang Sendy Filemon, Direktur Bank Sinarmas, untuk bersama-sama berbagi pandangan terkait QRIS berbasis NFC, di mana Bank Sinarmas sendiri adalah salah satu bank dengan layanan QRIS terlengkap yang didukung penuh oleh ALTO sebagai penyedia sistem pembayarannya.

Baca Juga: Desa Pintar Pertama di Maluku, Rutong Tingkatkan Ekonomi dengan Platform Digital

“Bank harus aktif dalam menyediakan solusi pembayaran yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah dan meningkatkan kenyamanan transaksi mereka salah satunya dengan terus melakukan pengembangan fitur pada layanan QRIS Bank Sinarmas,” ujar Sendy.

Pada kesempatan ini Gretel Griselda turut menyampaikan bahwa ALTO mulai agresif memasarkan produk QRIS di tahun 2024 ini, tidak tanggung-tanggung saat ini jumlah member QRIS yang menggunakan teknologi ALTO meningkat lebih dari 500% dan jumlah transaksi yang di proses oleh ALTO meningkat 500% hanya dalam waktu satu tahun.

Talkshow ini menegaskan komitmen ALTO dalam memimpin inovasi teknologi pembayaran di Indonesia dan menunjukkan bahwa NFC adalah masa depan transaksi digital yang terjangkau bagi masyarakat, cepat, aman, dan praktis.

Talkshow bertema The Rise of NFC Payment: Revolutionizing Payments in Indonesia. [istimewa]Talkshow bertema The Rise of NFC Payment: Revolutionizing Payments in Indonesia. [istimewa]

Tentang ALTO Network

PT ALTO Network (ALTO) merupakan Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP) di Indonesia yang berkomitmen untuk menyediakan solusi pembayaran yang inovatif dan aman bagi masyarakat. Sebagai satu-satunya perusahaan di industri ini yang dipimpin oleh CEO perempuan, ALTO terus berinovasi untuk mendorong inklusi keuangan dan transformasi digital di Indonesia. Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, kini ALTO telah memperluas solusinya ke seluruh infrastruktur pembayaran dan bersama dengan beberapa business partner kelas dunia terus menghadirkan berbagai teknologi inovatif untuk menghubungkan bisnis dan atau lembaga keuangan dengan para pelanggan agar dapat mengembangkan usaha mereka di Indonesia hingga ke mancanegara.

Selengkapnya, kunjungi PT. ALTO Network

Tentang Netzme

PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme) adalah Perusahaan Penyedia Jasa Pembayaran berlisensi Bank Indonesia yang terus berinovasi mengembangkan solusi pembayaran yang mudah, praktis, dan aman. Netzme fokus pada layanan komunitas, kerjasama B2B dan B2G, serta membantu UMKM mengembangkan potensi melalui optimalisasi proses transaksi dan efisiensi bisnis. Salah satu inovasi terbaru Netzme adalah QRIS Soundbox Netzme yang memungkinkan pelaku UMKM menerima transaksi QRIS secara lebih aman dan bebas dari penipuan.

Selengkapnya, kunjungi Beranda - Netzme

Tentang Bank Sinarmas

Bank Sinarmas merupakan bank umum konvensional yang memiliki visi menjadi bank terkemuka di Indonesia dengan jaringan distribusi terintegrasi dan layanan terbaik. Bank Sinarmas memiliki objektif jangka panjang menjadi payment & transaction bank dengan jaringan distribusi terlengkap dan terintegrasi. Akselerasi penggunaan teknologi informasi telah dan terus dilakukan bank guna mengikuti perkembangan pasar yang dinamis dan kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks diantaranya melalui berbagai layanan perbankan yang diberikan seperti aplikasi mobile banking SimobiPlus serta layanan QRIS.

Selengkapnya, kunjungi Bank Sinarmas : Solusi Keuangan Personal

Editor: Yohanes Endra

Tag:  #alto #network #hadirkan #revolusi #pembayaran #qris

KOMENTAR