AirNav Uji Coba Tol Udara Menuju Australia, Harga Tiket Pesawat Bisa Murah?
Air Traffic Controller (Pixabay/bernswaelz)
08:38
6 Agustus 2024

AirNav Uji Coba Tol Udara Menuju Australia, Harga Tiket Pesawat Bisa Murah?

AirNav Indonesia melakukan uji coba prosedur user preferred route (UPR) di ruang udara lintas negara atau tol udara antara Indonesia dengan Australia. Uji coba tol udara ini agar industri penerbangan di Indonesia bisa lebih efisien dan ramah lingkungan.

User Preferred Route (UPR) atau yang lebih dikenal dengan Tol Udara merupakan metode manajemen ruang udara dengan konsep free-route airspace, yang memberikan keleluasaan bagi maskapai untuk menentukan rutenya sendiri yang paling efisien (hemat bahan bakar).

Uji coba ini tetap mempertimbangkan kepadatan traffic, arah dan kecepatan angin, potensi turbulensi, suhu udara, serta jenis dan kinerja pesawat udara.

AirNav Indonesia sendiri telah memberlakukan program UPR di wilayah udara Indonesia (Jakarta FIR dan Ujung Pandang FIR) sejak 5 Oktober 2023 lalu.

Baca Juga: Industri Penerbangan 'Menjerit' Tertekan Rupiah, INACA Minta Keringanan

Program lintas negara ini atau Cross FIR Boundary UPR merupakan kelanjutan program UPR guna mengakomodir fleksibilitas penerbangan lintas negara.

"Operator navigasi penerbangan di 2 negara yaitu AirNav Indonesia dan Airservices Australia, bersama 4 Maskapai Internasional yaitu Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Qantas, dan Air New Zealand, dapat berkolaborasi dan bekerja sama dalam program free-route lintas negara atau disebut Cross FIR Boundary UPR, yang kegiatannya akan dimulai per 05 Agustus 2024 ini," ujar Direktur Utama AirNav Indonesia Polana B Pramesti dalam keterangannya yang dikutip, Selasa (6/8/2024).

Lebih lanjut Polana menyatakan, program UPR ini menjadi bukti komitmen AirNav Indonesia, Airservices Australia, Airways New Zealand dan CAAS (Otoritas Penerbangan Sipil Singapura), dalam meningkatkan efisiensi, keselamatan, dan kenyamanan navigasi penerbangan, serta ruang udara yang ramah lingkungan di wilayah udara regional Asia Pasifik.

"Semoga trial atau uji coba yang akan dilakukan dapat berlangsung sukses dan nantinya dapat memberikan banyak manfaat bagi semua maskapai yang terbang di wilayah udara Asia Pasifik," pungkas dia.

Baca Juga: AirNav Indonesia: Trafik Penerbangan Mulai Menuju Normal di 2023

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #airnav #coba #udara #menuju #australia #harga #tiket #pesawat #bisa #murah

KOMENTAR