Kawasan Industri IWIP Beri Bantuan Untuk Ribuan Korban Banjir di Halmahera
Ilustrasi. Curah hujan tinggi yang terjadi selama beberapa hari terakhir di Maluku Utara telah menyebabkan air Sungai Kobe dan beberapa sungai lainnya meluap.
07:04
31 Juli 2024

Kawasan Industri IWIP Beri Bantuan Untuk Ribuan Korban Banjir di Halmahera

Curah hujan tinggi yang terjadi selama beberapa hari terakhir di Maluku Utara telah menyebabkan air Sungai Kobe dan beberapa sungai lainnya meluap, sehingga sejumlah desa di Halmahera Tengah dilanda banjir

Banjir ini telah menyebabkan gangguan dan kerusakan yang signifikan, sehingga memerlukan respon cepat dan terkoordinasi dari berbagai pihak.

PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) segera melakukan aksi tanggap darurat untuk memastikan bahwa kebutuhan dasar warga yang terdampak banjir dapat terpenuhi.

PT IWIP telah memberikan bantuan berupa berbagai kebutuhan dasar seperti makanan, minuman, hingga fasilitas penunjang kesehatan bagi masyarakat yang terdampak. Di antaranya, PT IWIP memberikan tabung oksigen bagi Puskesmas Waibulen dan obat-obatan di Desa Sawai Itepo, Kecamatan Weda Tengah.

Baca Juga: Longsor Maut di India: 70 Tewas, Puluhan Terperangkap, Hujan Deras Hambat Evakuasi

"PT IWIP akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengatasi peristiwa ini serta membantu memulihkan kondisi masyarakat dan desa secepatnya," ujar Wahyu Budhi Santoso (Yudhi), GM External Relations IWIP dalam keterangannya dikutip Rabu (31/7/2024).

Dari catatan PT IWIP, terdapat sekitar 1.668 jiwa warga di Halmahera Tengah yang terdampak banjir dan mengungsi di berbagai posko, termasuk Posko Mako Brimob, Posko Masjid Leleilef Waibulan, Posko CV Sowaner, Posko Sage Sagea, Posko SP 1 Bapak Abdon, Posko SP 1 Taman Waterboom, Posko SP 4 Block A, dan Posko SP 4 Block B.

Dalam mewujudkan komitmen kuat untuk mendukung dan berkontribusi kepada masyarakat, PT IWIP bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan dalam mendukung upaya pemulihan dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap bencana di masa depan. 

"PT IWIP akan fokus memastikan bahwa pemulihan kondisi masyarakat dapat berlangsung secepat mungkin. Setelah itu, kami akan berkoordinasi lagi untuk menyiapkan langkah-langkah agar hal seperti ini tidak terulang lagi," lanjut Yudhi.

Penanganan bencana ini dilakukan dengan berkolaborasi langsung dengan pemerintah daerah Kabupaten Halmahera Tengah melalui Pj Bupati Halmahera Tengah Ikram M. Sangadji, serta aparat TNI dan Brimob yang bertugas dalam memberikan bantuan dan mengevakuasi warga terdampak.

Baca Juga: Peduli Sesama, (G)I-DLE Donasi Setengah Miliar Rupiah untuk Korban Banjir

“Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak dan membantu proses pemulihan berlangsung lebih cepat. PT IWIP berkomitmen untuk terus berpartisipasi aktif dalam mendukung masyarakat dan memberikan kontribusi positif bagi lingkungan sekitar,” pungkas Yudhi.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #kawasan #industri #iwip #beri #bantuan #untuk #ribuan #korban #banjir #halmahera

KOMENTAR