Jokowi Tanya Kesiapan IKN? PUPR Jelaskan Sumber Air Bersih
Istana Negara di IKN. [Ist]
16:02
12 Juli 2024

Jokowi Tanya Kesiapan IKN? PUPR Jelaskan Sumber Air Bersih

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertanya-tanya dengan kesiapan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebelum dirinya menghuni Istana Negara. Salah satu yang disoroti soal sumber air bersih yang disediakan di IKN.

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan infrastruktur air bersih bisa dipakai pada Juli.

"Kita usahakan. Pak menteri kan kemarin sudah jawab ini sudah sesuai schedule kita pertengahan Juli commissioning (air bersih), habis itu mudah-mudahan tidak ada masalah lagi," ujar Juru bicara Kementerian PUPR, Endra Atmawidjaja, di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (12/7/2024).

Persediaan air bersih, jelas dia, memang ada tahapan air bersih di IKN itu bisa digunakan. Mulai dari instalasi air minum, transmisi, sampai jaringan distribusi.

Baca Juga: IKN Sambut HUT RI: Istana Negara, Hunian ASN dan Air Minum Siap

"Jadi itu melibatkan banyak pihak, jadi yang namanya commissioning, itu dilakukan di akhir dari pekerjaan, konsultannya, owner, kemudian expert-nya, dan operatornya nanti. Itu dites semua, ada tahapannya itu, sampai tanggal 18," kata dia.

Sebenarnya, Endra bilang, semua infrastruktur air bersih hingga listrik diyakininya semuanya siap. Akan tetapi, kepindahan Presiden menunggu kesediaan dari Jokowi saja.

"Iya, tanya pak presiden tuh. Pokoknya udah siap, mau pindah ke sana tanya beliau ya," ucap dia.

Sebelumnya, Jokowi batal mengantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam waktu dekat ini. Hal ini imbas belum tersedianya infrastruktur yang memadai untuk Jokowi tinggal.

Padahal, direncanakan upacara HUT RI 17 Agustus bakal digelar di IKN.

Baca Juga: Sebelum Lengser, Jokowi Janji Akan Perpanjang Izin Tambang Freeport

"Airnya sudah siap belum? Listriknya sudah siap belum? Tempatnya sudah siap belum? Kalau siap pindah," kata Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Senin (8/7/2024).

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #jokowi #tanya #kesiapan #pupr #jelaskan #sumber #bersih

KOMENTAR