Anggaran Bansos 2024 Terpakai Rp 75,8 Triliun, Begini Rinciannya
Ilustrasi - Masyarakat Klaten menerima bansos CBP di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. [ANTARA/Aris Wasita]
16:02
9 Juli 2024

Anggaran Bansos 2024 Terpakai Rp 75,8 Triliun, Begini Rinciannya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengucurkan dana sebesar Rp 75,8 triliun untuk belanja bantuan sosial (Bansos) pada Semester I tahun 2024. Belanja bansos ini naik 3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Adapun, anggaran itu hampir setengah dari pagu anggaran yang dtetapkan di 2024 ini sebesar Rp 152,30 triliun.

"Bansos di semester I tahun ini capai Rp 75,8 triliun, hampir sama dengan tahun lalu Rp 73,6 triliun," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rapat bersama Banggar DPR RI, yang dikutip, Selasa (9/8/2024).

Bendahara Negara ini menjabarkan, kenaikan belanja bansos ini imbas dari adanya jumlah penerima Program Indonesia Pintar yang melonjak.

Baca Juga: Ekonomi Sulit, Penerimaan Duit Pajak Mulai Seret

Selain itu, ditambah dengan kenaikan jumlah penerima bantuan lansia dan disabilitas.

Secara rinci, belanja bansos itu terdiri sebesar Rp 37,5 triliun dari program Kementerian Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Sembako.

Kemudian, dana bansos sebesar Rp 23,2 triliun untuk program bantuan iuran BPJS Kesehatan. Serta, bansos di Kementerian Perndidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mencapai Rp 13,2 triliun.

Lalu, ada bansos yang disalurkan lewat Kementerian Agama sebesar Rp 1,7 triliun. Dan terakhir, bansos untuk BNPB dalam rangka tanggap darurat bencana sebesar Rp 200 miliar.

Baca Juga: Proyek Molor! Air dan Listrik Belum Siap, Jokowi Batal Ngantor di IKN Bulan Ini

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #anggaran #bansos #2024 #terpakai #triliun #begini #rinciannya

KOMENTAR