Sambut Idul Adha 2024: 4 Ruas Tol Trans Jawa Antisipasi Peningkatan Volume Kendaraan
Tol Palimanan-Kanci sebagai ilustrasi salah satu ruas tol PT Jasamarga Transjawa Tol [Antara]
13:03
15 Juni 2024

Sambut Idul Adha 2024: 4 Ruas Tol Trans Jawa Antisipasi Peningkatan Volume Kendaraan

Salah satu Hari Besar Keagamaan di Tanah Air, Idul Adha 2024 akan segera menjelang. Anggota masyarakat menggunakan berbagai macam moda transportasi untuk bepergian. Antara lain kendaraan pribadi dan melintasi ruas tol.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) memastikan kesiapan pelayanan operasional jalan dalam periode libur panjang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah di empat ruas tol sepanjang Trans Jawa.

Ada pun pelaksanaan penggunaan ruas periode long weekend ini adalah 14-18 Juni 2024, atau mulai Jumat (14/6/2024) dan terus berlanjut hingga Selasa (18/6/2024).

Pratomo Bimawan, Direktur Bisnis PT Jasamarga Transjawa Tol menyampaikan kesiapan operasional di empat ruas berikut guna mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas pada periode libur Idul Adha 2024:

Baca Juga: Pembangkit Listrik Apung Pertama Indonesia Karya Anak Bangsa Siap Pasok Kebutuhan Pulau Ambon

  1. Tol Jakarta-Cikampek
  2. Tol Palimanan-Kanci
  3. Tol Semarang Seksi A,B,C
  4. Tol Surabaya-Gempol.

"Lonjakan volume kendaraan pada periode libur panjang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah berpotensi cukup tinggi. Dari rekam data perhitungan volume lalu lintas periode libur panjang H-3 sampai H+1 sebelumnya, meningkat 60,80 persen dari lalu lintas normal di Gerbang Tol Cikampek Utama," jelas Pratomo Bimawan.

Antisipasi lonjakan volume lalu lintas periode libur panjang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah dilakukan dengan memastikan 100 persen operasional gardu termasuk optimalisasi Oblique Approach Booth (OAB) dan menyiagakan Mobile Reader (MR).

Langkah preventif pada layanan preservasi juga dilakukan dengan memastikan pembersihan drainase, menyiagakan pompa untuk mengantisipasi genangan, serta tim pemeliharaan yang selalu siaga antisipasi kendala perjalanan berupa lubang.

Layanan pendukung lain yang tidak kalah penting adalah memastikan area rehat dapat memberikan fasilitas terbaik. Termasuk kecukupan air bersih dan keberfungsian toilet, memastikan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM), serta menyiapkan manajemen arus lalu-lintas.

Jasamarga Transjawa Tol terus berupaya melakukan optimalisasi teknologi seperti pemanfaatan platform Intelligent Transport System dan pengoperasian Lane Control Signal untuk mendukung rekayasa lalu lintas yang dilaksanakan pihak Kepolisian RI.

Baca Juga: Loket Stasiun Kereta Api Divre I Sumut Layani Tiket Go Show saat Idul Adha 2024

Bagi para pengguna ruas tol, diharapkan persiapan selama perjalanan, antara lain memastikan saldo e-money mencukupi, mobil dalam kondisi prima dan layak berperjalanan jauh, kesehatan fisik dan mental pengemudi, serta mengisi BBM sebelum perjalanan. Untuk pengguna kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) perlu memperhitungkan durasi pemakaian baterai serta stasiun pengisian ulang yang berada di rest area.

"Selalu berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan. Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 4.3 untuk pengguna iOS dan Android," tutup Pratomo Bimawan.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #sambut #idul #adha #2024 #ruas #trans #jawa #antisipasi #peningkatan #volume #kendaraan

KOMENTAR