Keraton Yogyakarta Kolaborasi dengan Platform Pariwisata Perkuat Promosi
Keraton Yogyakarta. Sebagai ilustrasi [SuaraJogja/Dita Alvinasari].
18:22
6 Juni 2024

Keraton Yogyakarta Kolaborasi dengan Platform Pariwisata Perkuat Promosi

Keraton Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata utama dengan kekayaan warisan budaya dan sejarah di Indonesia.

Kawasan kediaman para raja Ngayogyakarta Hadiningrat ini dibangun Sultan Hamengku Buwono I dengan konsep tata ruang yang mengandung filosofi syarat makna. Oleh karena itu, kawasan ini perlu dilestarikan keasliannya.

Dikutip dari kantor berita Antara, Keraton Yogyakarta kini menjalin kolaborasi dan kerja sama dengan Traveloka. Platform travel dengan layanan wilayah Asia Tenggara, untuk mendorong dan memperkuat promosi pariwisata.

"Kami menyambut baik kolaborasi ini untuk mendukung kemajuan pariwisata di Yogyakarta, khususnya di kawasan Keraton," jelas Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara, Pengageng KHP Nitya Budaya Keraton Yogyakarta dalam peluncuran kerja sama di Yogyakarta, Kamis (6/6/2024).

Baca Juga: 3 Anak Penyanyi Legendaris Michael Jackson Terancam Kehilangan Warisan Cuan

Menurut GKR Bendara, kerja sama ini sejalan dengan upaya Keraton Yogyakarta dalam memberi pengalaman terbaik bagi wisatawan. Yaitu melalui program menarik yang diadakan setiap minggu. Antara lain seperti pameran budaya, pertunjukan seni tradisional, serta berbagai kegiatan menarik lainnya.

"Kami mengharapkan kemitraan ini bisa semakin meningkatkan jumlah wisatawan serta membantu melestarikan warisan budaya Yogyakarta agar bisa dinikmati generasi-generasi mendatang," lanjut GKR Bendara.

Berdasarkan data internal platform Traveloka, tampak peningkatan pencarian penerbangan ke Yogyakarta hingga dua kali lipat. Serta lebih dari dua kali lipat untuk akomodasi dalam periode libur Waisak 2024 dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Iko Putera, CEO Transportasi Traveloka menyatakan bahwa pihaknya melihat potensi Yogyakarta terutama Keraton Yogyakarta untuk menjadi destinasi wisata pilihan wisatawan domestik mau pun turis global.

Oleh karena itu, melalui kolaborasi ini pihaknya berkomitmen untuk mempromosikan Yogyakarta sebagai salah satu destinasi utama dengan kekayaan warisan budaya dan sejarah di Indonesia.

Baca Juga: Kekayaan Rupert Murdoch: Raja Media Menikah Lagi di Usia 93 Tahun

"Kolaborasi ini akan memberikan pilihan wisata budaya yang lebih beragam bagi wisatawan, dan semakin mendorong Kota Yogyakarta sebagai destinasi wisata global," katanya.

Keraton Yogyakarta adalah peninggalan sejarah dan ikon Kesultanan Yogyakarta yang populer di kalangan wisatawan karena kekayaan budaya, nilai seni dan jejak sejarah.

Dengan luas 14.000 meter persegi, lokasi wisata Keraton Yogyakarta dibagi menjadi beberapa komplek berarsitektur indah campuran Portugis, Belanda dan Tiongkok.

Di Keraton ini, pengunjung juga dapat melihat para Abdi Dalem yang bertanggung jawab atas segala urusan operasional Kesultanan.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #keraton #yogyakarta #kolaborasi #dengan #platform #pariwisata #perkuat #promosi

KOMENTAR