Apple Ternyata Punya Jaringan Produksi di Asia, Indonesia Masuk Daftar?
Presiden Joko Widodo (kanan) dengan CEO Apple, Tim Cook berjabat tangan saat menggelar pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/4/2024). [Handout / PRESIDEN PALACE / AFP]
11:21
23 April 2024

Apple Ternyata Punya Jaringan Produksi di Asia, Indonesia Masuk Daftar?

CEO perusahaan teknologi Apple, Timothy Donald Cook atau lebih dikenal dengan nama Tim Cook hari ini, Rabu (17/4/2024) bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. Cook akan membahas peluang investasi perusahaan di Indonesia. Wacana ini mengemuka karena diketahui Apple punya pabrik di sejumlah kawasan di Asia, salah satu yang terbesar ada di negara tetangga Vietnam. Namun, Indonesia masih memberlakukan peraturan pengenai proporsi penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 

Apple memang lama mengincar kawasan Asia sebagai lokasi pembangunan pabrik untuk gedget tercanggih di dunia itu. Berikut adalah negara – negara yang menjadi lokasi produksi Apple.

1. China

China menjadi negara Asia Timur yang diincar dalam ekspansi besar – besaran Apple. Bahkan hingga seri ke-14 I-phone dibuat di negara yang digadang – gadang bakal menjadi penguasa ekonomi dunia ini. Namun, belakangan Apple diketahui memindahkan sebagian pabriknya dari China ke Vietnam. 

2. Vietnam

Perusahaan teknologi raksasa, Apple kabarnya baru saja selesai merelokasi sebelas unit pabrik ke Vietnam seperti diberitakan oleh Vietnam Investment Review. Pemindahan perusahaan ini menjadi sinyal kuat bahwa Vietnam kini menjadi magnet investor raksasa.

Bahkan jauh sebelum warta ini beredar, Apple juga sudah melirik Vietnam sebagai negara yang representatif untuk berinvestasi. Buktinya, Apple meminta para partner supplier untuk mengalihkan lebih banyak produksi iPad ke Vietnam saat kasus Covid-19 melonjak di China pada 2021 lalu. 

Kemudian, Apple berencana mulai memproduksi model MacBook di Vietnam untuk pertama kalinya tahun depan, menurut laporan baru dari Nikkei Asia dilansir laman Macrumors. Mengutip sumber yang diberi pengarahan tentang masalah tersebut, laporan tersebut mengatakan bahwa Apple telah meminta Foxconn untuk mulai membuat MacBook di negara tersebut paling cepat sekitar Mei 2024 mendatang.

3. India

Apple dilaporkan telah mengumpulkan angka produksi iPhone sebesar 14 miliar dolar AS di India. Investasi ini meningkat berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan periode lalu. Dilansir dari GSM Arena, laporan terbaru menyebut jika satu dari tujuh perangkat iPhone kini dibuat di India. Angka ini sekitar 14 persen dari total output yang ada.

Apple dipastikan sudah memindahkan beberapa produksi perangkatnya ke India. Hal ini menyusul ketegangan geopolitik antara Amerika Serikat dan China beberapa waktu lalu. Beberapa sumber lokal menyebut bahwa Foxconn mengumpulkan hampir 67 perse dari total dengan 17 persen lebih banyak diproduksi oleh Pegatron dalam periode dua belas bulan dan berakhir pada Maret 2024.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #apple #ternyata #punya #jaringan #produksi #asia #indonesia #masuk #daftar

KOMENTAR