Pertumbuhan Logistik Nasional Diperkirakan Tembus 8 Persen, Kargo Udara Makin Dilirik
Pesawat CKB Logistics memuat logistik kargo udara di bandara. (CKB Logistics )
22:36
28 Maret 2024

Pertumbuhan Logistik Nasional Diperkirakan Tembus 8 Persen, Kargo Udara Makin Dilirik

- Bisnis logistik semakin bergairah. Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional mengalami pertumbuhan tujuh hingga delapan persen tahun ini. Apalagi menjelang libur panjang dan hari raya Idul Fitri 1445 hijriah permintaan pengiriman terus meningkat.

CEO CKB Logistics Iman Sjafei mengatakan, menjelang Idul Fitri 2024 permintaan jasa logistik khususnya air freighter atau kargo udara terus meningkat. Hal itu menjadi tantangan bagi pelaku usaha logistik untuk meningkatkan pelayanannya kepada mitra bisnis dan pelanggan.

"Kami juga tentunya mengutamakan kepuasan pelanggan sehingga barang pelanggan sampai dengan aman dan tepat waktu,” ujar Iman Sjafei di Jakarta pada Kamis (28/3).

Untuk mendukung pelayanan kargo udara CKB Logistics mengoperasikan armada Boeing 737-300F dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura. Pesawat itu berkapasitas 15-16 ton. CKB Logistics menjadwalkan waktu operasional pesawatnya empat kali dalam seminggu.

"Dengan armada tersebut, kami mampu membawa kargo dengan dimensi besar dan berat mencapai 3-4 ton per shipment-nya. Kami juga memiliki izin untuk membawa kargo kategori Dangerous Goods (DG) dengan spesifikasi pesawat kargo, door to door service, hingga customized services yang terintegrasi dengan layanan CKB Logistics tentunya,” papar Iman.

Dengan pengalaman 26 tahun operasional, sambung Iman, CKB Logistics memprioritaskan operational dan safety excellence. Hasilnya, sepanjang tahun lalu, CKB Logistics berhasil mencatatkan nihil kecelakaan kerja.

Dia menyebut bahwa CKB Logistics berkomitmen dalam menjalankan tata kelola Good Corporate Governance (CGC). Hal itu dibuktikan dari penggunaan armada operasional yang ramah lingkungan, penggunaan skylight warehouse, pemanfaatan limbah sirkular, hingga implementasi Environmental Social Governance (ESG), dan Corporate Social Responsibility (CSR) berkelanjutan.

Dengan geliat bisnis itu, CKB Logistics sudah mengantongi Authorized Economic Operator (AEO) yang membuat perusahaan itu berhasil mendapat pengakuan dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Untuk diketahui, lingkup bisnis CKB Logistics di antaranya manajemen transportasi, manajemen pergudangan, layanan remote supply, pengiriman kargo, bongkar muat, jasa logistik dan pengiriman barang besar, Pusat Logistik Berikat (PLB), manajemen pelabuhan, serta tongkang batu bara.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #pertumbuhan #logistik #nasional #diperkirakan #tembus #persen #kargo #udara #makin #dilirik

KOMENTAR