Ahok Mundur dari Komisaris Demi Ganjar, Siapa Penggantinya?
Gedung Pertamina. (Dok: Pertamina)
20:18
2 Februari 2024

Ahok Mundur dari Komisaris Demi Ganjar, Siapa Penggantinya?

PT Pertamina (Persero) buka suara perihal pengunduran diri Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dari Komisaris Utama. Manajemen telah menerima surat pengunduran diri tersebut.

"Benar beliau mengajukan pengunduran diri," VP Corporate Communication PT Pertamina, Fadjar Djoko Santoso kepada wartawan, Jumat (2/2/2024).

Terkait penggantinya, Fadjar menyebut, posisi Komisaris maupun Direksi BUMN itu ditentukan oleh pemegang saham yaitu Kementerian BUMN.

"Kewenangan pengangkatan atau pemberhentian Dewan Komisaris ada di Kementerian BUMN," kata dia.

Sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memutuskan untuk mundur dari Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Keputusan mundur Ahok ini untuk mendukung kampanye pasangan calon (paslon) nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Mahfud MD. 

Keputusan mundur ini, diunggah oleh Ahok di instagram pribadinya @basukibtp. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga telah mengirimkan surat pengunduran dirinya ke Kementerian BUMN.

"Unggahan ini merupakan bukti tanda terima Surat Pengunduran Diri saya sebagai Komisaris Utama PT. Pertamina (Persero) yang saya serahkan hari ini, 2 Februari 2024," ujarnya seperti dikutip dari Instagram, Jumat (2/2/2024).

Setelah mundur, Ahok akan mengikuti rangkaian kampanye Ganjar-Mahfud serta berusaha memenangkan paslon itu dalam kontesasi pilpres.

"Dengan ini, saya menyatakan mendukung serta akan ikut mengkampanyekan pasangan calon presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Hal ini agar tidak ada lagi kebingungan terkait arah politik saya," kata Ahok.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #ahok #mundur #dari #komisaris #demi #ganjar #siapa #penggantinya

KOMENTAR