BI Pangkas Suku Bunga Acuan, Ini Strategi BRI Turunkan Bunga Kredit
Direktur Utama BRI, Sunarso. (Dok: BRI)
13:25
10 Oktober 2024

BI Pangkas Suku Bunga Acuan, Ini Strategi BRI Turunkan Bunga Kredit

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) atau BRI menyambut baik langkah Bank Indonesia (BI) dalam memangkas suku bunga acuan (BI Rate) sebesar 25 basis poin menjadi 6 persen.

Direktur Utama BRI, Sunarso, mengatakan bahwa perseroan akan mentrasnsmisikan pemangkasan suku bunga The Fed dan Bank Indonesia ke suku bunga dasar kredit (SBDK) dalam waktu dekat.

"Transmisi suku bunga, sekarang kita akan mentrasnsmisikan Fed rate yang turun, BI rate yang turun. Pasti akan kita transmisikan," katanya usai acara Katadata bertajuk "Indonesia Future Policy Dialogue" di Jakarta, Rabu (9/10/2024).

"Transmisinya berapa lama, tergantung rata-rata tenor kontrak kita dengan nasabah yang existing. Kalau misalnya ternyata tenor kita 1 bulan, ya mungkin 1 bulan kita bisa turunkan," ujar Sunarso.

Baca Juga: Butuh Dana Mendesak untuk Hobi? Ini Dia Pinjaman Tanpa Agunan dari BRI!

BRI menargetkan agar penurunan suku bunga acuan tersebut dapat dilakukan pada akhir 2024.

"Saya yakin kalau akhir tahun bisa turun," kata Sunarso.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) telah mengumumkan memangkas suku bunga acuan hingga 25 basis poin (bps) menjadi 6 persen pada Rabu (18/9).

Selain itu, BI juga menurunkan suku bunga deposit facility sebesar 25 bps menjadi 5,25 persen dan suku bunga lending facility turun sebesar 25 bps menjadi 6,75 persen.

Baca Juga: Nasabah BRI Merapat! Ada Diskon 50% di Kyochon Seluruh Indonesia

Editor: M Nurhadi

Tag:  #pangkas #suku #bunga #acuan #strategi #turunkan #bunga #kredit

KOMENTAR