Sindir Gibran Karena Cak Imin Baca Contekan, Tom Lembong Ingat Kenangan Indah Bantuin Jokowi
Gibran Rakabuming Raka dan Tom Lembong (Youtube KPU RI;Suara.com)
15:12
22 Januari 2024

Sindir Gibran Karena Cak Imin Baca Contekan, Tom Lembong Ingat Kenangan Indah Bantuin Jokowi

Nama Thomas Lembong mencuri perhatian publik usai dirinya sering disebut oleh Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam Debat Cawapres Keempat di JCC, Jakarta pada Minggu (21/1/2024).

Dalam debat tersebut Gibran awalnya bertanya kepada cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengenai posisi capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar terhadap nikel. Sebab, pasangan nomor urut 1 dan tim suksesnya menggaungkan Lithium Ferro Phosphate atau LFP.

"Saya nggak tahu ini pasangan nomor 1 ini anti nikel atau bagiamana?" kata Gibran.

Gibran menambahkan, LFP kerap digaungkan oleh Co-Captain Timnas Amin, Thomas Lembong. Cak Imin pun menanggapi pertanyaan Gibran, namun jawaban Cak Imin tak memuaskan Gibran.

Gibran lantas menyebut, Cak Imin tak memahami LFP. Dia mengatakan, tim suksesnya melakukan kebohongan publik karena Tesla memakai nikel, bukan LFP.

"Ini agak aneh ya, yang sering ngomong LFP itu timsesnya, tapi cawapresnya nggak paham LFP itu apa, kan aneh. Sering bicara 'LFP, LFP, Lithium Ferro Phosphate, Tesla nggak pakai nikel'. Ini kan kebohongan publik. Mohon maaf, Tesla itu pakai nikel pak," katanya.

Gibran kemudian mengatakan, Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia. Dia mengatakan, hal itu merupakan kekuatan Indonesia.

"Jangan malah membahas LFP, itu sama aja mempromosikan produk China Pak," katanya.

Gibran pun mengaku heran dan mempertanyakan apakah Thomas Lembong tidak diskusi dengan cawapresnya. Dia menerangkan, LFP merupakan alternatif selain nikel.

"Saya nggak tahu Pak Tom Lembong dan timsesnya sering nggak diskusi sama cawapresnya. Masak cawapresnya nggak paham, aneh loh. Saya jelaskan sekali lagi, Lithium Ferro Phosphate, itu adalah alternatif nikel intinya ada negara nggak mau pakai nikel, itu loh Gus yang saya maksud, apakah Gus Muhaimin juga anti nikel seperti Pak Tom Lembong?" terangnya.

Namanya sering disebut membuat Tom Lembong pun membuat pernyataan di akun media sosial 'X'-nya. Dia pun terpikirkan untuk mengingat sebuah peristiwa masa lalu.

Tom mencuitkan soal 'kenangan indah' sambil me-quote sebuah cuitan video yang menunjukkan dirinya diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab pertanyaan dalam forum Brookings Institution Amerika pada tahun 2015 silam, saat dirinya masih menjabat sebagai Menteri Perdagangan.

"Ah, the good ol' memories..." cuit Tom dikutip Senin (22/1/2024).

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #sindir #gibran #karena #imin #baca #contekan #lembong #ingat #kenangan #indah #bantuin #jokowi

KOMENTAR