PetroChina Jabung Gelar Workshop Penanganan Kebakaran dan Ledakan, Stakeholders Beri Apresiasi Positif
PetroChina sukses menggelar workshop bertajuk 'Fire & Explosion Engineering Safety Processing & Production Facility' di wilayah operasional kerjanya di Provinsi Jambi, pekan lalu. (istimewa)
11:09
11 September 2024

PetroChina Jabung Gelar Workshop Penanganan Kebakaran dan Ledakan, Stakeholders Beri Apresiasi Positif

 


Sejumlah kalangan mengapresisasi langkah PT PetroChina International Jabung Ltd (PCJL) yang terus konsisten menunjukkan komitmennya dalam menjaga keamanan dan keselamatan dari kebakaran dan ledakan. PetroChina sukses menggelar workshop bertajuk 'Fire & Explosion Engineering Safety Processing & Production Facility' di wilayah operasional kerjanya di Provinsi Jambi, pekan lalu.

Kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang investigasi kebakaran dan ledakan, dengan tujuan akhir untuk mengidentifikasi secara akurat asal usul serta penyebab kebakaran. Terkait hal ini, Pakar Fire & Explosion Professional Forensic Investigator, Dr. Ir. Adrianus Pangaribuan MT, PFE, CFEI menilai, kegiatan workshop tersebut sebagai langkah positif PetroChina dalam memastikan keselamatan kerja di sektor energi, terutama di area wilayah operasional kerja Jabung.

"Kegiatan sangat positif ini dan dapat memberikan pemahaman yang mendalam. Jadi, mungkin selama ini kita tahunya api itu segitiga. Saya memperkenalkan lebih dalam lagi, bahwa di atas segitiga ada segi empat, di atas segi empat ada segi lima, sampai dengan segi enam. Bagaimana proses itu masing-masing bisa menyebabkan terjadinya kebakaran dan ledakan," ujar doktor bidang engineering dari Universitas Indonesia ini, dikutip Rabu (11/9).

Pemegang pertama dari Certified Fire & Explosion Investigator (CEFI) NAFI itu melanjutkan, bahkan dari material yang kita sama sekali tidak tahu misalnya debu tepung terigu, tepung gula, tepung paracetamol, vitamin C, asalkan konsentrasi debu tercapai, maka dia bakal meledak. Tinggal nunggu pemicunya.

"Jadi, forensik itu tujuannya mencari akar masalah. Ini di engineering kita mencari sumber masalahnya apa sehingga ke depannya kita bisa mengetahui hal yang bisa kita hindari," ujar Adrianus.

Sementara itu, Kepala Dinas Damkar Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Zulfaisyal mengapresiasi upaya PetroChina dalam meningkatkan keselamatan di sekitar area operasional kerja. Ia menilai, kegiatan tersebut tidak hanya membuat keselamatan pekerja terjamin, tetapi juga menjamin keamanan lingkungan sekitar dari risiko kebakaran dan ledakan.

"Alhamdulillah terima kasih banyak kepada PetroChina dengan inisiasinya melaksanakan kegiatan pencegahan penanggulangan bahaya kebakaran karena PetroChina ini merupakan perusahaan yang fasilitas processing-nya berada di Tanjung Jabung Timur. Sehingga ilmu terkait dengan penanggulangan bencana kebakaran ini sangat berarti dan sangat dibutuhkan oleh kita semua para stakeholder," ungkapnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Damkar Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Iswardi. Dia mengatakan, kegiatan workshop mampu memberikan wawasan dan kerja sama pemerintah dan perusahaan dengan menyamakan persepsi dalam menangani suatu bencana kebakaran. Terutama bencana kebakaran yang ada di wilayah operasional kerja PetroChina, salah satunya yakni Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Field Manager PetroChina International Jabung Ltd., Rudy Hermawan mengatakan, keamanan dan keselamatan karyawan dan lingkungan operasional kerja merupakan prioritas utama perusahaan. Sehingga PetroChina berupaya untuk meng-upgrade pengetahuan dan pemahaman para pekerja dan mitra kerja terkait dengan fire & explosion.

"Penanganan kebakaran itu kan untuk mencari akar permasalahannya kadang-kadang tidak mencapai tujuan yang maksimal, karena kita tidak memahami akar permasalahan terutama dari sisi keteknikan atau engineering. Sehingga nanti kembalinya dari acara ini bisa mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan yang jauh lebih advance terkait dengan penanggulangan kebakaran," ungkapnya.

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta yang merupakan pekerja PetroChina, mitra kerja, dan para stakeholder terdiri dari Damkar Provinsi Jambi, Damkar Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Selain itu, turut serta yakni Damkar Kabupaten Tanjung Jabung Timur, BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dan BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #petrochina #jabung #gelar #workshoppenanganan #kebakaran #ledakanstakeholders #beri #apresiasi #positif

KOMENTAR