Riset Mekari: 52% Perusahaan RI Lebih Efesien Setelah Gunakan Software Barbasis Cloud
Ilustrasi perusahaan (pexels.com/marc-mueller)
16:14
10 September 2024

Riset Mekari: 52% Perusahaan RI Lebih Efesien Setelah Gunakan Software Barbasis Cloud

Mekari mengeluarkan riset soal penggunaan teknologi digital terhadap produktivitas suatu perusahaan. Riset ini juga dikerjakan oleh Litbang Kompas dengan judul Penggunaan Teknologi Digital dalam Pengembangan Bisnis.

Hasil riset itu menjukkan, software berbasis awan atau cloud membawa dampak positif  bagi  operasional bisnis.

Mekari mencatat, 65 persen dari perusahaan  ukuran menengah dan besar di kota-kota  besar di Indonesia sudah sadar, atau aware bahwa transformasi digital meningkatkan efektivitas dan efisiensi bisnis.

Bahkan, 73 persen perusahaan yang belum memanfaatkan software berbasis awan berencana untuk mengadopsinya di dalam 2 tahun mendatang.

Baca Juga: Piutang Pembiayaan Perusahaan Tembus Rp494 Triliun

CEO Mekari, Suwandi Soh mengatakan, perhatian yang tinggi akan mendorong perusahaan untuk menerapkan teknologi berupa software berbasis awan dengan segera untuk memperlancar pengoperasian bisnis dan  mencapai pertumbuhan bisnis yang  berkelanjutan, atau sustainable  business  growth.

Penggunaan software berbasis awan oleh perusahaan semakin marak, di mana riset menguak bahwa 55 persen dari perusahaan  telah menggunakan teknologi  tersebut selama lebih dari 3 tahun.

"Kami juga menemukan bahwa mayoritas, atau 52 persen, responden telah menyaksikan peningkatan efektivitas pekerjaan setelah memanfaatkan software berbasis awan. Peningkatan efektivitas ini akan menjadi basis pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan di jangka panjang," ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (10/9/2024).

Dampak positif software berbasis awan sejauh ini akan meyakinkan perusahaan untuk memperluas adopsi teknologi agar mereka bisa merasakan lebih banyak manfaat transformasi digital bagi pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan.

Christian Marpaung, Periset, Litbang Kompas, mengatakan riset mendapatkan bahwa sekitar 85 persen dari perusahaan antusias dan siap menghadapi perkembangan teknologi masa depan.

Baca Juga: Tren Global, ESG Jadi Standar Baru Penilaian Perusahaan di Indonesia

"Antusiasme ini berakar dari keyakinan perusahaan bahwa transformasi digital akan membantu mereka menciptakan dan memanfaatkan peluang bisnis di pasar," kata dia.

Perusahaan pun proaktif dalam menerapkan strategi, termasuk memupuk digital talents serta memajukan infrastruktur teknologi yang mereka miliki, untuk memastikan bahwa implementasi teknologi kedepannya berjalan dengan baik.

"Berdasarkan survei, perusahaan di Indonesia sudah mulai melirik ke teknologi yang berkaitan dengan database, awan, blockchain, dan kecerdasan buatan, atau artifiicial intelligence (AI), karena mereka melihat potensi pengembangan yang sangat menjanjikan," pungkas dia.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #riset #mekari #perusahaan #lebih #efesien #setelah #gunakan #software #barbasis #cloud

KOMENTAR