Jelang Penutupan Seleksi CPNS, Satu Juta e-Meterai Terjual dalam Satu Hari
Ilustrasi e-meterai. [Peruri]
13:13
9 September 2024

Jelang Penutupan Seleksi CPNS, Satu Juta e-Meterai Terjual dalam Satu Hari

Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) memastikan bahwa layanan pada situs web https://meterai-elektronik.com telah kembali berjalan normal.

Hal ini dilakukan menjelang batas akhir pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 yang akan berakhir pada 10 September 2024.

Head of Corporate Secretary Peruri, Adi Sunardi, dalam keterangannya di Jakarta pada hari Senin (9/9/2024), menyatakan bahwa masyarakat sudah dapat mengakses situs web tersebut untuk proses pembelian kuota e-meterai serta pembubuhan e-meterai pada dokumen elektronik yang diperlukan untuk pendaftaran CPNS 2024.

"Dokumen yang telah dibubuhkan e-meterai melalui situs web meterai-elektronik.com bisa diunduh kapan saja tanpa batas waktu. Ini adalah bentuk komitmen Peruri dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan e-meterai untuk pendaftaran CPNS 2024," jelas Adi.

Baca Juga: Aplikasi Scan Dokumen CPNS 2024, Catat Agar Tidak Salah!

Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga telah mengumumkan bahwa waktu pendaftaran CPNS masih dibuka hingga 10 September 2024. Dengan batas waktu yang semakin dekat, masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan waktu ini dengan baik untuk menyelesaikan seluruh proses administrasi pendaftaran CPNS 2024 melalui layanan e-meterai di situs web meterai-elektronik.com.

Tingginya Minat Penggunaan e-Meterai Selama Pendaftaran CPNS 2024

Selama periode pendaftaran CPNS 2024, minat masyarakat untuk mengikuti seleksi sangat tinggi. Untuk memfasilitasi kelancaran pendaftaran, pada 5 September 2024, BKN mengumumkan bahwa masyarakat dapat menggunakan meterai tempel sebagai alternatif selain e-meterai dalam proses pendaftaran.

Meski begitu, data dari Peruri menunjukkan bahwa minat terhadap e-meterai tetap tinggi. Pada 6 dan 7 September 2024, pembubuhan e-meterai mencapai lebih dari satu juta dokumen per hari.

Adi menjelaskan bahwa penggunaan e-meterai adalah wujud konkret dari upaya digitalisasi di bidang perpajakan, khususnya bea meterai, yang dikelola oleh Peruri sebagai pihak yang dipercayakan oleh pemerintah untuk menyediakan meterai elektronik.

Baca Juga: Tembus 1 Juta Per Hari, Penggunaan E-Meterai Masih Sangat Tinggi Saat CASN 2024

"E-meterai saat ini telah digunakan dalam berbagai layanan digital, tidak hanya terbatas pada proses penerimaan CPNS saja," tambahnya.

Masyarakat dapat membeli e-meterai kapan saja karena e-meterai tidak memiliki masa kedaluwarsa. Selain melalui situs web meterai-elektronik.com, e-meterai juga dapat dibeli dan digunakan melalui berbagai reseller, termasuk Skill Academy di https://skillacademy.com/e-meterai, Posfin di https://emeterai.posfin.id/, aplikasi mobile Sobat Meterai, serta gerai kantor pos di seluruh Indonesia.

Adi juga menambahkan bahwa jika masyarakat mengalami kendala dalam pembelian atau pembubuhan e-meterai, mereka dapat melaporkannya melalui helpdesk dari masing-masing saluran yang digunakan.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #jelang #penutupan #seleksi #cpns #satu #juta #meterai #terjual #dalam #satu #hari

KOMENTAR