Banjir di Daerah Tambang Nikel Maluku, Kawasan Industri IWIP Langsung Perbaiki Jalan
Ilustrasi. Banjir yang melanda Halmahera Tengah, Maluku Utara pada 20 - 24 Juli lalu telah menyebabkan sejumlah desa terendam, menimbulkan kerusakan signifikan,
12:08
23 Agustus 2024

Banjir di Daerah Tambang Nikel Maluku, Kawasan Industri IWIP Langsung Perbaiki Jalan

Banjir yang melanda Halmahera Tengah, Maluku Utara pada 20 - 24 Juli lalu telah menyebabkan sejumlah desa terendam, menimbulkan kerusakan signifikan, dan memerlukan bantuan cepat serta koordinasi dari berbagai pihak.

PT IWIP telah aktif berkoordinasi dengan pemerintah desa dan daerah untuk memberikan bantuan segera bagi warga terdampak sebagai langkah penanganan cepat banjir.

Kepala Desa Lelief Sawai, Frileks Arbaben, menegaskan bahwa seluruh pihak bekerja sama dalam upaya penanganan banjir. Ia juga mengonfirmasi bahwa sebelumnya wilayahnya sering terjadi banjir, tetapi jangka waktunya bisa di atas lima tahunan.

“Semuanya bekerja sama dalam hal evakuasi pengungsi, serta memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh para korban banjir,” ujar Frileks dikutip Jumat (23/8/2024).

Baca Juga: Menantang! Ini Daftar Link Download Mod Map BUSSID Jalan Banjir, Becek, dan Berlumpur

Ia juga menambahkan bahwa PT IWIP memberikan berbagai jenis bantuan, termasuk makanan, pakaian, dan uang tunai.

“IWIP memberikan bantuan logistik berupa makanan, air bersih, dan pakaian. Selain itu, ada juga bantuan berupa insentif uang tunai kepada lansia yang disalurkan melalui rekening masing-masing,” tambahnya.

Selain bantuan kebutuhan dasar, PT IWIP juga terlibat dalam perbaikan infrastruktur dengan memperbaiki jalan-jalan yang rusak akibat banjir.

“PT IWIP membantu perbaikan jalan yang terdampak,” jelas Frileks.

Senada dengan Frileks, Kepala Desa Lukulamo, Aklon Sangaji, juga menyampaikan bahwa PT IWIP turut memberikan bantuan di desanya berupa bahan makanan.

Baca Juga: NWS Keluarkan Peringatan Banjir Bandang Connecticut Amerika Serikat

"Bantuan disalurkan ke posko induk berupa sembako dan barang campuran yang diserahkan oleh Divisi HRD IWIP," ungkap Aklon.

Sementara itu, Koordinator Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sultan Baabullah Ternate, Zaki Alinuari, menginformasikan bahwa wilayah Halmahera Tengah, Maluku Utara, mengalami intensitas curah hujan menengah hingga tinggi dari bulan Januari hingga Juli 2024.

Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) sendiri merupakan Kawasan Industri terpadu untuk pengolahan logam berat yang berlokasi di Desa Lelilef, Kecamatan Weda, Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara. Berdiri pada 30 Agustus 2018 daerah ini merupakan penghasil kandungan nikel yang cukup besar di Indonesia.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #banjir #daerah #tambang #nikel #maluku #kawasan #industri #iwip #langsung #perbaiki #jalan

KOMENTAR