8 Rekomendasi Tempat Wisata Alam Terbaik di Banten, Cocok untuk diKunjungi Bareng Keluarga
Suasana di Pantai Anyer. (Mansur/Antara)
10:21
17 Maret 2024

8 Rekomendasi Tempat Wisata Alam Terbaik di Banten, Cocok untuk diKunjungi Bareng Keluarga

Banten merupakan satu dari sejumlah provinsi berusia muda yang ada di Indonesia. Sebelum menjadi provinsi sejak 2000, Banten merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat.

Identik dengan wilayah industri, Banten menyimpan potensi tempat-tempat wisata yang tidak kalah besar dengan Jawa Barat yang bisa dikunjungi oleh masyarakat. Letaknya yang berada di ujung barat Pulau jawa membuat Banten memiliki bermacam potensi wisata Bahari.

Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, itu yang menjadikan Banten menjadi tempat yang paling sering dikunjungi. Pusat pemerintahan Provinsi Banten yakni Kota Serang dapat ditempuh dari Jakarta kurang lebih 1,5 jam.

Ada banyak pilihan tempat wisata terbaik di Banten, kegiatan yang disediakan oleh masing-masing tempat wisata bisa dinikmati. Apalagi jika berkunjungnya bareng dengan keluarga tercinta. Suasananya akan terasa lebih seru dan hangat.

Buat kamu yang mencari tempat wisata yang cocok dikunjungi oleh keluarga dengan suasana seru, berikut ini rekomendasi tempat wisata terbaik di Banten yang anti gagal bikin kamu dan keluarga tak berhenti mengabadikan momen.

1. Pantai Anyer

Pantai Anyer adalah yang paling terpopuler yang ada di Banten. Selain memiliki pasir putih yang bersih, pantai ini juga dikenal punya ombak yang tenang. Dengan mengunjungi Pantai Anyer, wisatawan dapat melakukan banyak aktivitas mulai dari bermain pasir, berenang, berselancar, snorkeling, maupun sekedar duduk-duduk menikmati pemandangan alam Pantai Anyer yang indah dan memesona.

Soal akomodasi, Pantai Anyer menyediakan banyak hotel yang ingin menginap di tempat ini. Mulai dari hotel berbintang empat hingga hotel budget. Selain itu, ada juga area perkemahan di sekitar Pantai Anyer untuk kamu yang ingin liburan lebih dekat dengan alam.

Pantai Anyer ini berlokasi di Jalan Raya Karang Bolong, Bandulu, Kec. Anyar, Kab. Serang, Banten. Jika ditempuh dari jakarta akan memakan waktu hanya 2 sampai 3 jam.

2. Tanjung Lesung

Pantai ini tidak kalah indah dan eksotisnya. Pantai ini sangat terkenal dengan keindahan alam sekitarnya. Pasir pantainya yang halus dan bersih, menjadikan Pantai Tanjung Lesung menjadi salah satu tujuan liburan favorit keluarga saat pekan atau musim libur.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh wisatawan di pantai ini, mulai dari water sport, snorkeling dan diving, menikmati indahnya sunset, kuliner, konservasi terumbu karang, memancing, menonton pertunjukan tarian api, melihat Sunrise.

Pantai Tanjung Lesung ini berada di ujung barat Pulau Jawa, tepatnya di Desa Tanjung Jaya, Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang, Banten. Kalau dari Jakarta, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 3 jam. Kawasan ini merupakan daratan dengan luas sekitar 1.500 hektar dengan pasir putih yang bersih sepanjang 15 km.

Pantai Tanjung Lesung menyediakan akomodasi penginapan untuk yang datang dari jauh, dengan harga yang beragam, tinggal menyesuaikan budget yang disiapkan.

3. Kampung Baduy

Untuk jam buka tempat wisata ini, kampung wisata adat ini tetap terbuka selama 24 jam. Namun biasanya untuk kunjungan, waktu berkunjung terbaik adalah saat pagi hari hingga sore mulai pukul 06.00 WIB – 17.00 WIB.

Tempat wisata ini berlokasi di Kadujangkung, Bojong Menteng, Leuwidamar, Lebak, Banten. Dari sini kamu masih harus berjalan kaki menuju hutan sebelum tiba di area perkampungan.

Untuk tiket masuk ke perkampungan ini juga masih terjangkau, karena hanya sekitar Rp 5.000. Namun biaya tersebut belum termasuk biaya menginap untuk kamu yang ingin bermalam ditempat tersebut.

Spot yang menarik untuk dikunjungi di tempat ini, kamu bisa menjelajah desa, Berjalan-jalan di hutan, Mencicipi makanan khas Baduy, berfoto di spot menarik.

4. Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten memiliki desain arsitektur yang memadukan berbagai unsur budaya dari China, Hindu, Jawa, dan Eropa. Beberapa unsur budaya ini bisa pengunjung lihat mulai dari atap, menara hingga paviliun.

Menara ini sekilas seperti menara kincir angin di Belanda. Selain itu, sentuhan lainnya adalah adanya paviliun dua lantai yang bernama Tiyamah. Paviliun ini oleh ketua keagamaan sering menjadi tempat diskusi.

Berlokasi di Jalan Komp. Masjid Agung Banten, RT 001/RW 011, Banten, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten.

Fasilitas yang disediakan sangat lengkap untuk menunjang kegiatan para wisatawan atau peziarah. Area parkirnya sangat luas sekalipun untuk bus besar, tersedia toilet, warung yang berada dekat dengan lokasi masjid.

Selain itu, untuk jam buka masjid ini terbuka untuk umum selama 24 jam tanpa ada jam tutup. Begitu juga area pemakaman buka hingga malam hari. Tapi, untuk museum hanya dari pagi sampai sore.

5. Pulau Burung

Pulau Burung adalah salah satu pulau kecil yang ada di Kepulauan Seribu, Jakarta di samping beberapa pulau-pulau besar yang utama seperti Pulau Pari dan Pulau Pramuka. Meskipun pulau satu ini belum sepopuler pulau-pulau lainnya, namun jangan meremehkan keindahan alam yang ditawarkan.

Pulau ini memiliki ragam daya tarik yang membuatnya sangat disukai oleh wisatawan mulai dari pemandangan alam yang indah, lautan biru yang jernih dan sebagainya. Wisatawan bisa menghabiskan waktu hingga seharian penuh untuk mengitari pulau dan menikmati berbagai keindahan yang disajikan.

Berlokasi di Sawah Luhur, Kasemen, Serang City, Banten. Secara lokasi, pulau ini terletak terpisah dari daratan utama Jakarta sehingga untuk mengunjunginya harus menggunakan jalur laut dari beberapa Pelabuhan yang ada di sekitarnya.

6. Rawa Dano

Tempat selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Rawa Dano. Rawa Dano dulunya merupakan gundukan gunung berapi yang sudah tidak aktif dan seiring berjalannya waktu menjadi sebuah danau dan akhirnya menjadi lahan basah di atas danau.

Rawa Dano telah ditetapkan sebagai cagar alam oleh Dinas Pariwisata Serang. Pemandangan alam yang indah di Rawa Dano dapat dilihat dari danau-danau yang berada di kaki perbukitan dan pegunungan.

Pemandangan yang berkabut dan hijau membuat orang takjub dan terpesona. Ketika matahari menyinari permukaan danau di Rawa Dano, permukaan danau akan tampak hijau.

Berlokasi di Jalan Batu Kuwung, Padarincang, Serang Regency, Banten. Lokasi ini berada di ketinggian yang membuatnya seolah-olah berada di atas tebing. Alhasil, Rawa Dano dapat terlihat dari jauh kaki gunung, itu menjadikannya tempat yang ideal untuk tempat peristirahatan para wisatawan.

7. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon dikenal memiliki hutan lindung yang sangat luas dan menjadi rumah bagi hewan liar salah satunya adalah spesies badak Jawa yang dikenal dengan nama Badak Bercula Satu yang sangat langka.

Fungsi utama dari kawasan wisata ini adalah pelestarian alam serta pusat penelitian dan perlindungan hewan, Taman Nasional Ujung Kulon juga telah dikembangkan sebagai tujuan wisata alam yang keren.bTerdapat 10 Tempat wisata yang bisa dikunjungi di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon yang asyik untuk dikunjungi.

Berlokasi di Kec. Sumur, Pandeglang, Banten. Untuk perjalanan bisa mulai dari pagi, sehingga kamu bisa lebih menikmati keindahan yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon.

8. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong merupakan bagian dari salah satu Pantai di kawasan Anyer, Serang, Banten, yang memiliki pemandangan batuan karang yang sangat mengagumkan.

Keunikan dari pantai ini yang letaknya di ujung barat Pulau Jawa tak pernah sepi dari pengunjung. Di kawasan pantai ini terdapat beberapa wilayah. Masing-masing lokasi memiliki beberapa spot kece untuk dikunjungi.

Berlokasi di Jalan Karang Suraga, Cinangka, Serang Regency, Banten. Untuk jam operasional dari Pantai Karang Bolong, Serang, dibuka setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam nonstop. Tiket masuk Pantai Karang Bolong ini cukup membayar sekitar Rp 15.000, per orang, namun itu belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Selain itu, para wisatawan bisa menikmati ragam wisata yang dihadirkan oleh tempat ini mulai dari Mengunjungi karang bolong, Hiking ke bukit batu karang, naik ke gardu pandang, memancing, berenang, dan bermain permainan seru lainnya.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #rekomendasi #tempat #wisata #alam #terbaik #banten #cocok #untuk #dikunjungi #bareng #keluarga

KOMENTAR