Dinobatkan sebagai Sup Terenak di Dunia, Seperti Apa Uniknya Rawon?
Resep Rawon. 
15:10
8 Maret 2024

Dinobatkan sebagai Sup Terenak di Dunia, Seperti Apa Uniknya Rawon?

- TasteAtlas, salah satu situs yang sering memberikan penilaian mengenai berbagai makanan dari seluruh penjuru dunia, kembali merilis daftar makanan terbaik di dunia. Salah satunya adalah rawon, yang dinobatkan sebagai makanan terenak kategori sup.

Dalam penilaian tersebut, rawon bersaing dengan sejumlah sajian sup asal negara lain, termasuk ramen dari Jepang. Berita ini sungguh membanggakan, pasalnya, rawon yang terkenal dengan warna hitam pekat ini memang punya keunikannya sendiri, lho! Belum pernah merasakan rawon? Yuk kenalan lebih jauh dengan sup yang satu ini.

Rawon adalah sajian sup berisi daging sapi, daun jeruk, jahe, cabai, kunyit, ketumbar, dan beberapa bahan tambahan lain. Sup ini memiliki rasa yang gurih dan lezat karena kaya akan bahan-bahan tradisional yang asli dari Indonesia.

Bahan paling penting dalam pembuatan rawon adalah biji kluwek. Dikenal sebagai pangium edule, biji ini berasal dari pohon kepayang. Namun, dedaunan dan bijinya mengandung senyawa bernama glikosida sianogenik, yang dapat menyebabkan keracunan! Menariknya, ternyata ini juga jadi asal mula dari istilah ‘mabuk kepayang’.

Karena itu, penggunaan kluwek dalam memasak rawon harus sangat hati-hati. Pertama-tama, pembuat rawon akan mencuci biji kluwek terlebih dahulu sebelum difermentasi demi mengeluarkan warna hitam pekat yang jadi ciri khas rawon itu sendiri.

Setelah kluwek difermentasi, bahan ini dicampur bersama rempah dan herbal lain seperti daun jeruk, serai, jahe kunyit dan cabai. Tidak heran saat siap disajikan, aroma dari rawon amat menggugah selera.

Rawon, telur asin dan nasi putih, mantap!

Untuk pelengkap sajian rawon, kamu tinggal pilih karena bisa dibarengi dengan berbagai macam makanan pelengkap lainnya. Mulai dari nasi, tauge hingga kerupuk udang, semuanya cocok disandingkan dengan rawon.

Namun, yang paling tidak bisa dilewatkan untuk pelengkap rawon adalah telur asin! Rasa asin dari sajian telur ini, berpadu dengan kuah gurih dan empuknya daging sapi, ditambah dengan nasi, membuat rawon menjadi makanan lezat dan bergizi lengkap.

Di kota besar Jawa Timur, misalnya Surabaya, ada Rawon Setan yang tidak hanya digandrungi orang-orang lokal tapi juga oleh turis. Rumah makan ini dinamai Rawon Setan karena dibukanya memang malam hari, serta rawonnya memiliki rasa pedas.

Dengan berbagai keunikan tersebut, tidak heran daya tarik rawon sangat menggiurkan bagi para pecinta kuliner. Penasaran dengan sup terenak di dunia versi Taste Atlas ini? Tunggu apa lagi, buruan cari sajian rawon di kota-kota tempat tinggalmu!

Editor: Sponsored Content <%2

Tag:  #dinobatkan #sebagai #terenak #dunia #seperti #uniknya #rawon

KOMENTAR