5 Alasan Kenapa Kota Perth Menjadi Kota Liburan Terbaik!
Ilustrasi Kota Perth. (Western Australia Travel)
20:35
4 Pebruari 2024

5 Alasan Kenapa Kota Perth Menjadi Kota Liburan Terbaik!

 - Terletak hanya sekitar 4,5 jam penerbangan dari Jakarta dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan, makanan yang mengesankan serta pengalaman yang unik, tidak heran kenapa Perth menjadi salah satu kota tujuan wisata paling menarik.

Kota yang menjadi pintu masuk ke Australia Barat ini menawarkan keseimbangan yang sempurna antara alam yang indah dan kehidupan urbannya yang begitu dinamis dan penuh energi. Liburan kamu akan menjadi momen yang menyenangkan karena pengalaman kamu selama berkunjung ke kota ini penuh dengan aktivitas dan atraksi yang begitu menarik!

Mengutip dari Wanderlust, berikut adalah beberapa alasan kenapa Perth menjadi salah satu kota tujuan wisata paling menarik dan terbaik.

1. Pantainya

Secara resmi merupakan kota tercerah di Australia, Perth juga memiliki lebih dari 19 pantai yang mudah dijangkau dari kota. Masing-masing mempunyai ciri khusus tersendiri. Semuanya menawarkan pasir putih yang mempesona dan air biru yang sangat jernih.

Pantai Cottesloe adalah yang paling terkenal. Pantai tersebut adalah tempat berenang dan piknik populer yang didukung oleh lereng bukit berumput, pohon pinus Norfolk, dan paviliun yang sangat indah.

Kamu dapat menghabiskan sepanjang hari untuk bersnorkel, berselancar, atau berenang di sini sebelum beristirahat di restoran untuk menyaksikan matahari terbenam di Samudra Hindia dengan segelas minuman terbaik Margaret River di tangan.

Tepat di selatan Cottesloe, kamu akan menemukan Pantai Leighton, pantai yang lebih panjang dan tidak terlalu ramai serta populer di kalangan peselancar layang dan pemilik anjing. Kolam Mettams adalah tempat terbaik untuk melakukan snorkeling. Platform reef di lepas pantai merupakan rumah bagi ikan, gurita, bintang laut, kipas laut, dan rumput.

2. Satwa liarnya

Dengan taman yang luas, cagar alam, dan pantainya, tidak mengherankan jika satwa liar tidak jauh dari Perth. Berjalan-jalanlah melintasi taman kota mana pun dan kamu dijamin akan 'dihibur' oleh kawanan rosella, galah, dan kakatua berwarna-warni.

Satwa liar juga berlimpah di pulau-pulau sekitar Perth. Pulau Heirisson, sebuah pulau di Sungai Swan antara pinggiran Perth Timur dan Taman Victoria, merupakan cagar alam tempat kanguru berkeliaran dengan bebas. Pulau Penguin, di lepas pantai, adalah rumah bagi 1.200 penguin kecil serta lumba-lumba dan ikan pari. Mudah dicapai dengan feri, ini adalah tempat yang populer untuk berenang bersama lumba-lumba.

Sedikit lebih jauh lagi terdapat Rottnest Island, rumah bagi populasi quokka terbesar di dunia. Seekor walabi kecil berekor pendek dengan wajah kecil dan telinga bulat ini adalah salah satu hewan paling lucu di dunia dan menjadi bintang Instagram di seluruh dunia. Mereka paling bagus dilihat pada sore hari atau saat matahari terbenam.

Para pecinta binatang yang memiliki satu atau dua hari luang dapat menjadi sukarelawan di Native Animal Rescue yang berada di sebelah utara Perth, yang menampung hewan-hewan yang sakit, terluka, dan yatim piatu, lalu mengembalikan mereka ke alam liar jika memungkinkan.

3. Sejarah pribuminya

Masyarakat Noongar adalah pemilik tradisional Perth, dan Sungai Swan adalah tempat suci bagi mereka. Mereka mempunyai banyak cerita tentang Wagyl, seekor ular air yang dianggap bertanggung jawab atas penciptaan dan pemeliharaan sungai dan sebagian besar fitur air di sekitar Perth. Wagyl dikatakan memasuki tanah dekat Kings Park dan muncul di kaki Gunung Eliza untuk menciptakan sungai.

Tur Warisan Adat Kings Park adalah tempat yang baik untuk mulai menjelajahi warisan kota. Pemandumu akan menceritakan kembali kisah Dreamtime ciptaan masyarakat Noongar dan menjelaskan nilai-nilai pengobatan, nutrisi, dan budaya dari flora, fauna, dan bangunan terkenal di sekitarnya. Sementara itu, Indigenous Experiences Australia akan menawarkan Derbarl Yerrigan Cruise, yaitu sebuah perjalanan berlayar selama dua jam di sepanjang Sungai Swan, di mana kamu bisa menjelajahi budaya kuno masyarakat Whadjuk.

4. Makanan dan minumannya

Dunia kuliner di Perth adalah salah satu yang paling semarak di Australia dengan banyaknya bar, kafe, dan restoran baru yang terus buka. Memanfaatkan iklim Australia Barat yang cerah, tempat ini memiliki jumlah bar rooftop dan restoran alfresco tertinggi di negara ini.

Bahkan makanan lautnya begitu sensasional. Piringmu akan diisi dengan marron dari barat daya negara bagian ini, barramundi dari utara, lobster dari Geraldton, tiram dari Albany, udang dari Exmouth, dan kerang dari Pulau Rottnest di dekatnya. Tentu saja, semuanya dicuci dengan Sauvignon Blanc, sang pemenang penghargaan dari Margaret River.

Jika kamu lebih menyukai kopi, pergilah ke kedai cappucino Fremantle yang terkenal. Pecinta bir pasti ingin mengunjungi tempat pembuatan bir Little Creatures yang menghadap ke pelabuhan di Fremantle, atau Old Brewery, yang terletak di samping Sungai Swan.

5. Kings Park

Lebih besar dari Central Park di New York dan lebih liar, Kings Park adalah surga taman, kebun raya, dan hutan semak alami seluas 1.003 hektar yang terletak tepat di tepi barat kawasan pusat bisnis Perth.

Taman ini menawarkan pemandangan CBD, Sungai Swan, dan Darling Range yang indah, dan merupakan rumah bagi lebih dari 324 jenis tanaman asli, 215 spesies jamur asli yang diketahui, dan 80 spesies burung.

Kamu juga akan menemukan State War Memorial Cenotaph di sini – salah satu landmark paling ikonik di kota ini – serta taman bermain, taman alam, BBQ, dan area piknik untuk keluarga. Naiki tangga spiral Menara DNA untuk melihat pemandangan spektakuler di sekitar Kings Park dan Botanic Garden, Sungai Swan, dan Pulau Rottnest.

Taman ini juga menjadi tuan rumah berbagai konser dan festival, serta mempunyai bioskop luar ruangan.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #alasan #kenapa #kota #perth #menjadi #kota #liburan #terbaik

KOMENTAR