Pemilik Mal di Surabaya Berencana Naikan Harga Sewa Ruang Ritel
Suasana di dalam Pakuwon Mall di Surabaya, Jawa Timur(Pakuwon Jati)
16:18
18 Januari 2024

Pemilik Mal di Surabaya Berencana Naikan Harga Sewa Ruang Ritel

Memasuki tahun 2024, para pemilik mal yang ada di Surabaya ternyata sudah berencana menaikan harga sewa ruang ritel.

Head of Research Colliers Indonesia, Ferry Salanto menyampaikan ancang-ancang untuk menaikan harga sewa ruang ritel di mal sudah mulai dilakukan terutama bagi mal dengan tingkat kunjungan tinggi.

“Beberapa mall yang sudah mulai ancang-ancang untuk menaikan tarif sewa terutama setelah melihat trafik jumlah pengunjung yang masuk ke mal,” ujarnya dalam laporan Kondisi Pasar Properti kuartal IV-2023.

Dikatakan, jumlah trafik pengunjung mal yang masuk jika dikonversikan sebagai transaksi tentu akan berpengaruh kepada kinerja retailer atau tenant penyewa yang ada dalam mal.

"Kalau retailer sudah memiliki kinerja yang bagus, tentu alasan untuk menaikkan tarif sewa mal akan lebih kuat lagi dan penyewa tidak akan terlalu banyak berargumen,” papar Ferry.

Menurutnya, pengelola mal merasa bahwa mereka sudah cukup berkorban selama pandemi Covid-19 berlangsung dengan menjadi lebih fleksibel dalam memberikan besar tarif sewa.

Dengan kondisi pasar ritel yang semakin membaik, tentu ini menjadi momentum bagi pengelola mal untuk menaikan tarif sewa.

Rata-rata tarif dasar sewa mal di Surabaya saat ini adalah Rp 445.422 per meter persegi. Sementara rata-rata tingkat hunian ada di angka 73,1 persen.

Editor: Masya Famely Ruhulessin

Tag:  #pemilik #surabaya #berencana #naikan #harga #sewa #ruang #ritel

KOMENTAR